KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL GEOMETRI SISWA DALAM MEREPRSENTASI BENTUK DUA DIMENSI DARI BENTUK TIGA DIMENSI

JANNAH, ZAHROTUL and JANNAH, ZAHROTUL (2022) KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL GEOMETRI SISWA DALAM MEREPRSENTASI BENTUK DUA DIMENSI DARI BENTUK TIGA DIMENSI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran spasial geometri siswa dalam merepresentasi bentuk dua dimensi dari bentuk tiga dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang subjeknya terdiri dari tiga siswa kelas IX-2 SMP Negeri 1 Sembawa. Data dikumpulkan melalui lembar tes kemampuan penalaran spasial dan wawancara, kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan konsep Milles dan Huberman yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan penalaran spasial siswa subjek kategori tinggi adalah pada indikator pertama memiliki kemampuan yang sangat baik dalam merepresentasi model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang dan pada indikator kedua memiliki kemampuan baik dalam menentukan sifat-sifat geometri terhadap objek bangun geometris. dan pada indikator kedua memiliki kemampuan baik dalam menentukan sifat-sifat geometri terhadap objek bangun geometris, (2) Kemampuan penalaran spasial siswa subjek kategori sedang adalah pada indikator pertama memiliki kemampuan yang baik dalam merepresentasi model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang dan pada indikator kedua memiliki kemampuan yang cukup dalam menentukan sifat-sifat geometri terhadap objek bangun geometris, dan (3) Kemampuan penalaran spasial siswa subjek kategori rendah adalah pada indikator pertama memiliki kemampuan yang baik dalam merepresentasi model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang dan pada indikator kedua memiliki kemampuan yang kurang dalam menentukan sifat-sifat geometri terhadap objek bangun geometris.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Geometri, Penalaran Spasial, Representasi, Dua Dimensi, Tiga Dimensi.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:36
Last Modified: 14 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32530

Actions (login required)

View Item View Item