PANDANGAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PENGEMUDI SPEED BOAT TANPA IZIN YANG MENYEBABKAN KECELAKAAN DAN PENUMPANG MENINGGAL DUNIA (STUDI KASUS JALUR 10 TELANG BANYUASIN)

Joni, Joni (2023) PANDANGAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PENGEMUDI SPEED BOAT TANPA IZIN YANG MENYEBABKAN KECELAKAAN DAN PENUMPANG MENINGGAL DUNIA (STUDI KASUS JALUR 10 TELANG BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy

Abstract

Penulisan Skripsi yang berjudul “Pandangan Hukum Pidana Islam Terhadap Pengemudi Speed Boat Tanpa Izin Yang Menyebabkan Kecelakaan Dan Penumpang Meninggal Dunia (Studi Kasus Jalur 10 Telang Banyuasin)”. Adapun permasalah dari penelitian ini adalah Apa faktor penyebab dalam kecelakaan speed boat diperairan jalur 10 telang banyuasin dan Bagaimana pandangan hukum pidana Islam terhadap pengemudi speed boat tanpa izin yang menyebabkan kecelakaan dan penumpang meninggal dunia?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis penelitian adalah lapangan Field Research mengajukan teknik pengumpulan data seeprti wawancara, dokumentasi, yang telah dituangkan dalam catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini ada beberapa faktor penyebabnya kecelakaan speed boat di Perairan Jalur 10 Muara Telang Banyuasin yaitu pengemudi speed boat tidak memiliki surat izin berlayar, pengemudi mengantuk, dan penegakan hukum pidana terhadap pengemudi tanpa izin speed boat pihak Dinas Perhubungan sudah memberikan himbuan dan razia terhadap speed boat yang masih banyak menyalahi aturan dari apa yang sudah ditentukan, Surat izin berlayar pada speed boat menurut Undang-Undang RI No.17 Tahun 2008 tentang pelayaran. Dari Hukum Pidana Islam karena dari kelalaiannya pengemudi sehingga menyebabkan banyaknya korban jiwa, maka wajib bagi pelaku untuk membayar diyat pada masing-masing keluarga korban.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam, Kecelakaan Speed Boat, Penumpang Meninggal Dunia.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum pidana
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: JONI 1820103109
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:39
Last Modified: 15 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32564

Actions (login required)

View Item View Item