ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA KULIT AKAR TANAMAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA

Santika, Santika (2023) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA KULIT AKAR TANAMAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Santika fix Bab 1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Santika fix Bab 5.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) merupakan tanaman herbal yang memiliki berbagai macam khasiat terkhusus untuk pengobatan. Perkembangan zaman terus maju pemanfaatan tanaman herbal untuk menjadi obat-obatan memerlukan biomasa dengan skala yang besar. Tanaman herbal yang saat ini populasinya semakin menurun dapat di atasi melalui teknologi dalam bidang sains yaitu dengan cara mengisolasi jamur endofit. Dalam bidang Pendidikan khususnya materi jamur siswa mengalami kendala dalam mengklasifikasi jamur. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak jamur endofit yang ada pada kulit akar tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) dan menghasilkan LKPD berbasis praktikum yang valid dan praktis berdasarkan penelitian isolasi dan identifikasi jamur endofit pada kulit akar tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif berupa ekspolasi dan Metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang dikembangkan Dick and Carry. Hasil penelitian mendapatkan 8 isolat jamur endofit. Jamur endofit diidentifikasi melalui ciri makroskopis dan mikroskopis lalu dibandingkan dengan buku identifikasi. Hasil Penelitian ini ditemukan 7 genus diantaranya Mortierella, Humicola, Phoma, Cephalosporium, Cylindrocarpon, Phytium dan Fusarium. Genus yang dominan ditemukan pada penelitian ini yaitu genus mortierella. Hasil Sumbangsih penelitian yaitu LKPD Berbasis Praktikum mendapatkan persentase nilai Validasi sebesar 88,2% dengan kriteria valid dan persentase nilai praktikalitas sebesar 83,3% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jamur endofit, tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa), isolasi, identifikasi, sumbangsih, LKPD.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Santika - -
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:59
Last Modified: 17 Nov 2023 08:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32681

Actions (login required)

View Item View Item