PERAN MAHASISWA KKN DALAM MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA DI MASYARAKAT KABUPATEN BANYUASIN (Studi Pada Mahasiswa KKN Ke-76 UIN Raden Fatah di Desa Cinta Manis Baru Kabupaten Banyuasin)

Utami Pratiwi, Desi (2022) PERAN MAHASISWA KKN DALAM MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA DI MASYARAKAT KABUPATEN BANYUASIN (Studi Pada Mahasiswa KKN Ke-76 UIN Raden Fatah di Desa Cinta Manis Baru Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul” Peran Mahasiswa Dalam Membangun Sikap Moderasi Beragama Di Masyarakat Desa Cinta Manis Baru Kabupaten Banyuasin (Studi Pada Mahasiswa KKN Ke-76 UIN Raden Fatah Di Desa Cinta Manis Baru Kabupaten Banyuasin)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran mahasiswa KKN di Desa Cinta Manis Baru dalam membangun sikap moderasi beragama di masyarakat. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui peran serta faktor pendukung dan penghambat mahasiswa dalam membangun sikap moderasi beragama di masyarakat Desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Ada dua sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teori Biddle dan Thomas bahwa peran terdiri dari harapan, norma, wujud prilaku, penilaia dan sanksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran mahasiswa dalam membangun sikap moderasi beragama di masyarakat Desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin, dengan peran mahasiswa sebagai agen perubahan, suri tauladan, kontrol sosial, dan generasi penerus yang tangguh sudah baik dan sesuai dengan arahan dari kampus dan dosen pengawas lapangan. dalam membangun sikap moderasi beragama di masyarakat dengan berperan sebagai agen perubahan, suri tauladan, kontrol sosial, dan generasi penerus yang tangguh yang memberikan contoh dalam bersikap toleransi antar sesama. Selanjutnya, Faktor pendukung dalam penelitian ini berupa Faktor lingkungan masyarakat, faktor aparatur pemerintah dan faktor fasilitas. Sementara itu, Faktor penghambat peran mahasiswa tersebut adalah Kurangnya waktu dan jarak. Kurangnya waktu dalam kegiatan sosialisasi mengenai membangun sikap moderasi beragama di masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa peran mahasiswa dalam membangun sikap moderasi beragama di masyarakat Desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin sebagai suri tauladan sudah baik hal tersebut dapat dilihat dari peran mahasiswa dalam membangun sikap moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Moderasi Beragama Desa Cinta Manis Baru .
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: DESI UTAMI PRATIWI 1730504071
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:26
Last Modified: 24 Nov 2023 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32942

Actions (login required)

View Item View Item