TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PENYIMPANAN DANA MASJID DI BANK KONVENSIONAL (STUDI KASUS MASJID SULTAN MAHMUD BADARUDDIN JAYO WIKRAMO PALEMBANG)

Meiota, David (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PENYIMPANAN DANA MASJID DI BANK KONVENSIONAL (STUDI KASUS MASJID SULTAN MAHMUD BADARUDDIN JAYO WIKRAMO PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Bismillah Skripsi (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Dalam Penyimpanan Dana Masjid Pada Bank Konvensional Studi Kasus Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikaramo Palembang. Keuangan masjid ini didapatkan melalui infaq, shodaqoh, hibah, bantuan dari pemerintah, bantuan swasta dan usaha ekonomi yang dijalankan oleh pengelola atau pengurus masjid. Dana masjid tersebut disimpan oleh pengurus di Bank Konvensional yaitu di Bank BNI Konvensional. Hal tersebut membuat penulis menarik untuk meneliti karena bendahara lebih memilih menyimpan uangnya dilembaga keuangan konvensional bukan lembaga keuangan Syariah. Dalam konteks ini Penulis meneliti tentang Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dalam Penyimpanan dana Masjid di Bank Konvensional Studi kasus Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa yang melatar belakangi bagi pengurus masjid memeilih penyimpanan keuangan di bank konvensioanl Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis data kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pendapat pengurus Yayasan Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang terhadap penyimpanan dana masjid di Bank Konvensional.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam praktek pengelolaan uang ini tidak sesuai dengan teori muamalah serta Fatwa DSN NOMOR 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan dan Fatwa MUI Nomor 1 Tahun 2004 tentang Bunga (Interest/Fa'idah), dan bertentangan dengan syariat Islam karena penyimpanan uang dilakukan dilembaga keuangan konvensional bukan lembaga keuangan syariah dan bunga pada tabungan tersebut pun dipergunakan untuk kegiatan masjid sehingga uang kas masjid tersebut tercampur dengan riba. Yang akhirnya penulis simpulkan jika praktek penyimpanan uang kas masjid tersebut adalah bertentangan dengan Hukum Islam. Kata Kunci: Bank Konvenisonal, Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang, Riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: david meiota -
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:03
Last Modified: 27 Nov 2023 03:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32962

Actions (login required)

View Item View Item