PARTISIPASI POLITIK KAUM MUDA ( GEN Z ) DI PEDESAAN TERHADAP ISU POLITIK DI INDONESIA ( Studi Pada Desa Pedamaran VI Kabupaten OKI Provinsi Sumsel )

Yentriani, Yentrianiui (2023) PARTISIPASI POLITIK KAUM MUDA ( GEN Z ) DI PEDESAAN TERHADAP ISU POLITIK DI INDONESIA ( Studi Pada Desa Pedamaran VI Kabupaten OKI Provinsi Sumsel ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Partisipasi politik adalah kegiatan warga negara yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan politik. Dalam kegiatan Partisipasi Politik, kaum muda Pedesaan yang berada di berbagai daerah kebanyakan minim atau apatis terhadap kegiatan politik karena zaman sekarang kebanyakan dari mereka memilih tidak peduli tentang politik tetapi khususnya yang akan dibahas disini ialah di desa Pedamaran VI Kabupaten Ogan Komering ilir, justru sebaliknya kebanyakan kaum muda (Gen Z) nya ikut serta berpartisipasi politik, banyak sekali baru–baru ini kegiatan politik yang ada di desa ini mulai dari pemilihan umum, pantarlih, dan PPS (Panitia Pemugutan Suara) dari kegiatan–kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk partisipasi politik serta membahas mengenai isu – isu yang terjadi di desa itu sendiri. Namun, permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apa saja bentuk partisipasi politik kaum muda generasi Z di desa Pedamaran VI Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan apa saja yang melatarbelakangi tingkat partisipasi politik kaum muda Gen Z di desa Pedamaran VI Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini membahas tentang partisipasi politik kaum muda generasi Z di pedesaan terhadap isu politik di Indonesia khususnya di desa Pedamaran VI Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatra Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan data primer yang didapat melalui wawancara bersama warga desa Pedamaran VI, sedangkan data sekunder pada penelitian ini berupa buku, jurnal, dan karya ilmiah yang berkaitan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu redeksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk – bentuk partisipasi politik kaum muda Gen Z di desa Pedamaran VI di kalangan masyarakat desa Pedamaran VI dari yang berbeda – beda kegiatan partisipasi politik nya serta pendapat dan tanggapan mereka generasi Z terhadap isu politik di tingkat desa maupun tingkat yang lebih lagi dan apa saja yang melatarbelakangi mereka kaum muda generasi Z untuk ikut serta dalam berpartisipasi politik di desa Pedamaran VI Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatra Selatan. Kata kunci : Partisipasi Politik, latar belakang partisipasi politik, Isu Politik, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: YENTRIANI - -
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:03
Last Modified: 27 Nov 2023 03:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32986

Actions (login required)

View Item View Item