KOMUNIKASI INTRAPERSONAL MAHASISWA DALAM MENGHADAPI QUARTER LIFE CRISIS (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

Pranita, Rosalinda (2023) KOMUNIKASI INTRAPERSONAL MAHASISWA DALAM MENGHADAPI QUARTER LIFE CRISIS (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
ROSALINDA PRANITA 2020701071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Quarter Life Crisis merupakan fase yang dialami individu diusia awal dewasa. Penelitian yang berjudul “Komunikasi Intrapersonal Mahasiswa Dalam Menghadapi Quarter Life Crisis” ini bertujuan untuk mengkaji komunikasi intrapersonal mahasiswa dalam menghadapi Quarter Life Crisis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 mahasiswa yang termasuk karakteristik Quarter Life Crisis berdasarkan penyaringan data awal wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi intrapersonal memainkan peran penting dalam mengatasi Quarter Life Crisis. Mahasiswa cenderung melakukan mensugesti diri, berkhayal dan membayangkan , mendekatkan diri kepada Allah, melakukan Self Talk, Self Healing, dan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Beberapa strategi yang digunakan termasuk pencarian makna hidup dan pengelolaan emosi (kontrol diri). Teori pendukung dalam penelitian ini Teori Kontrol Diri untuk mengkaji strategi mahasiswa dalam menghadapi dampak Quarter Life Crisis. Faktor-faktor eksternal seperti dukungan sosial dan lingkungan juga mempengaruhi komunikasi intrapersonal mahasiswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang penting bagi institusi Pendidikan dan lingkungan sosial untuk memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat kepada mahasiswa dalam menghadapi Quarter Life Crisis. Kata Kunci : Intrapersonal,Self Control, Quarter Life Crisis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:43
Last Modified: 01 Dec 2023 03:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item View Item