Peran Layanan Bimbingan Keluarga Sakinah Dalam Menanamkan Kesiapan Mental Calon Pengantin(Studi Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin)

Sutama, Egi (2023) Peran Layanan Bimbingan Keluarga Sakinah Dalam Menanamkan Kesiapan Mental Calon Pengantin(Studi Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover skripsi egi repository.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK egi repository.pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 egi repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB II egi repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB III egi repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV egi repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V egi repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA egi repository.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Sebelum menikah calon pengantin diharapkan mengikuti layanan bimbingan keluarga sakinah. Pelaksanaan layanan bimbingan keluarga sakinah dilakukan guna untuk menanamkan kesiapan mental calon pengantin yang kuat saat menjalani hubungan dalam keluarga, untuk mencapai keharmonisan tersebut peran layanan bimbingan keluarga sakinah sangatlah penting. Karena keharmonisan keluarga sejatinya memiliki tempat istimewa bagi pasangan yang baru mau menikah. Masalah yang diangkat sebagai fokus penelitian. Pertama, bagaimana Peran layanan bimbingan keluarga sakinah dalam menanamkan kesiapan mental calon pengantin pada KUA Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Kedua, Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi layanan bimbingan keluarga sakinah dalam menanamkan kesiapan mental calon pengantin pada KUA Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik data yang digunakan adalah Deskriptif Kuallitaltif. Hasil penelitian adalah Peran layanan bimbingan keluarga sakinah dalam menanamkan kesiapan mental calon pengantin pemateri memberikan materi pembekalan berupa penjelasan tentang topik-topik seperti hukum yang mengatur pernikahan, motivasi catin menikah, tugas masing- masing, baik suami istri, informasi tentang keluarga sakinah, dan keterampilan mengasuh anak, dan lain-lain. Peran layanan bimbingan keluarga sakinah yang dilakukan pada KUA Sanga Desa memiliki banyak kemaslahatan. Materi-materi yang disampaikannya pun tidak terlepas dari ajaran hukum keluarga islam artinya peran layanan bimbingan keluarga sakinah ini memiliki keselarasan dengan hukum islam. faktor pendukung dari layanan bimbingan keluarga sakinah sudah cukup baik serta faktor penghambatnya tidak terlalu berpengaruh dalam pelaksanaan layanan bimbingan keluarga sakinah tersebut. Karena layanan bimbingan keluarga sakinah pada KUA Sanga Desa tidak terlepas dari pedoman ajaran hukum keluarga islam itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: EGI SUTAMA 1920101028
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:51
Last Modified: 07 Dec 2023 07:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33194

Actions (login required)

View Item View Item