PROGRAM DAPUR BERKAH DALAM RANGKA MEMBANTU MASYARAKAT YANG KESULITAN AKIBAT COVID- 19 DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Studio Foto Puan Sekip Ujung Kecamatan Kemuning Kelurahan Talang Aman Kota Palembang)

Dwi Afrizal, Delsi (2023) PROGRAM DAPUR BERKAH DALAM RANGKA MEMBANTU MASYARAKAT YANG KESULITAN AKIBAT COVID- 19 DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Studio Foto Puan Sekip Ujung Kecamatan Kemuning Kelurahan Talang Aman Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
DELSI A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Program Dapur Berkah dalam Rangka Membantu Masyarakat yang Kesulitan Akibat Covid- 19 dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi di Studio Foto Puan Sekip Ujung Kecamatan Kemuning Kelurahan Talang Aman Kota Palembang)” dengan latar belakang masalah Sejak pandemi, banyak warga yang memanfaatkan kondisi dengan duduk di pinggir jalan seharian yang jumlahnya semakin banyak dan meresahkan kemudian salah satu partner studio foto puan berinisiatif untuk melakukan program berbagi nasi berkah, namun persentase target kurang tepat sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini; 1. Program dapur berkah dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan akibat covid- 19?, 2. Perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap program dapur berkah dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan akibat covid- 19? Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilaksanakan pada Studio Foto Puan Sekip Ujung Kecamatan Kemuning Kelurahan Talang Aman Kota Palembang. Adapun Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, sumber data sekunder dan sumber data tersier. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Adapun Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwasannya; 1. Program dapur berkah merupakan suatu program yang dilakukan dengan sukarela serta tanpa adanya batasan waktu dan jumlah tertentu dan dilakukan atas dasar saling membantu sesama. 2. Perspektif Hukum Ekonomi Syariah melalui program dapur berkah dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan akibat covid- 19 (Studi di Studio Foto Puan Sekip Ujung Kecamatan Kemuning Kelurahan Talang Aman Kota Palembang) sudah sesuai dengan prinsip Hukum Ekonomi Syari’ah karena dilihat dari segi manfaat dan pengelolaannya program tersebut memiliki motivasi untuk meningkatkan semangat bersedekah dan pengelolaannya tidak bertentangan dengan hukum Islam. Akad yang digunakan untuk sedekah melalui program dapur berkah ini yaitu akad tabbaru’ (tolong menolong), sedekah yang dikeluarkan dalam bentuk sebungkus nasi atas dasar saling tolong-menolong antara pemberi sedekah dan penerimanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dapur Berkah, Sedekah, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DELSI DWI AFRISAL 1730104128
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:16
Last Modified: 07 Dec 2023 07:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33239

Actions (login required)

View Item View Item