IMPLEMENTASI PAJAK RESTORAN MENURUT PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2021 BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH ( STUDI PADA BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAERAH KOTA PAEMBANG )

Alfian, Alfian (2023) IMPLEMENTASI PAJAK RESTORAN MENURUT PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2021 BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH ( STUDI PADA BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAERAH KOTA PAEMBANG ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cetak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Pajak Daerah khususnya Pajak Restoran dilaksanan di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang dengan tetap berpedoman pada Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 3 Tahun 2021 tentang pajak daerah. Namun pada pengimplementasian nya terdapat sedikit ketidak efektifan/ tidak rancu, dimana pelaku usaha memungut Pajak Restoran kepada pelaku usaha sebesr 10% namun hanya disetorkan sebesar 5%. Berdasarkan latar belakang tersebut Rumusan Masalah Pertama, Bagaimana Implementasi Pajak Restoran menurut Perda Nomor 3 Tahun 2021 di BPPD Kota Palembang, Kedua, Bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah mengenai implementasi Pajak Restoran di BPPD Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), jenis data penelitian yang digunakan peneliti yaitu data kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan, berupa Observasi, interview, Dokumentasi, dan dilengkapi dengan Kepustakaan untuk melengkapi penelitian, peneliti melakukan Teknik Analis Data dengan cara Deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis yang telah dikaji Pertama, Bahwa BPPD Kota Palembang telah mengimplementasikan Pajak Restoran dengan Pedoman Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2021, namun terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada penetapan tarif Pajak Restoran terhadap Pelaku usaha sebagai Wajib Pajak dalam berlangsungnya pelaksanaan Pajak Restoran di BPPD Kota Palembang, Kedua, Sementara menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah mengenai Pajak Restoran, terdapatnya hal yang mendzhalimi masyarakat dengan tidak berbuat adil nya dalam pemungutan pajak dimana hal tersebut tidak termasuk ke dalam nilai yang ada dalam Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Pajak Restoran, Pajak Restoran di BPPD Kota Palembang, Hukum Ekonomi syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ALFIAN 1810104004
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:11
Last Modified: 08 Dec 2023 07:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33262

Actions (login required)

View Item View Item