ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KELALAIAN PENJUAL DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PAKAIAN VINTAGESECARA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Herman, Okilahi (2023) ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KELALAIAN PENJUAL DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PAKAIAN VINTAGESECARA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
SKRIPSI OKILAHI HERMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI OKILAHI HERMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kemajuan teknologi saat ini membuat pelaku usaha dan konsumen dapat melakukan transaksi elektronik sehingga memiliki implikasi berbeda. Berdasar pada latar belakang tersebut peneliti hendak mengkaji permasalahan tersebut melalui penelitian yang berjudul:”Analisis Perlindungan Konsumen Terhadap Kelalaian Penjual Dalam Transaksi Jual Beli Pakaian Vintage Secara Online Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah”. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah bentuk-bentuk perlindungan konsumen pakaian vintagepreloved(Antik Bekas) dalam jual beli online pada toko online Melawan Arus?; 2) Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap konsumen dalam perspektif hukum ekonomi syariah mengenai permasalahan kerugian yang dialami konsumen dalam penjualan pakaian vintage? Penelitian ini menggunakan metode penelitian Normatif Studi Kepustakaan (library research) yang mengolah data dengan obyek penelitian sedangkan obyek dalam penelitian ini berupa analisis hukum ekonomi syariah terhadap bentuk perlindungan hukum dari jual beli online. Kesimpulan dari penelitian ini berupa: 1) Bentuk perlindungan konsumen pakaian vintage preloved (antik bekas) dalam jual beli online pada toko online Melawan Arus vintage shirt specialist sesuai dengan ketetapan hukum yaitu bertanggung-jawab memberikan pilihan berupa penukaran barang atau pengembalian uang. 2) Perlindungan terhadap konsumen dalam perspektif hukum ekonomi syariah mengenai permasalahan kerugian yang dialami konsumen dalam penjualan pakaian vintage preloved (antik bekas) mengacu pada khiyar ‘aib yang wajib memberikan kesempatan untuk mengembalikan barang atau meminta pengembalian uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: OKILAHI HERMAN 1810104048
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:04
Last Modified: 15 Dec 2023 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33399

Actions (login required)

View Item View Item