Perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap Akad Ijârah Bagi Jasa Freelance Content Writer (Studi Kasus Pihak NO)

Pratiwi, Anisa (2023) Perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap Akad Ijârah Bagi Jasa Freelance Content Writer (Studi Kasus Pihak NO). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
identifier_continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1yZWj_ydcySne_iqm5zSX77w8x_q1nXWk%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1yZWj_ydcySne_iqm5zSX77w8x_q1nXWk%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Repository Skripsi Anisa Pratiwi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap Akad Ijârah Bagi Jasa Freelance Content Writer (Studi Kasus Pihak NO)” yang membahas tentang 1).Praktik jasa freelance content writer dan, 2).Perspektif hukum ekonomi syariah terhadap akad ijârah bagi jasa freelance content writer. Latar belakang permasalahan ini yaitu jenis pekerjaan sampingan seperti freelance dilakukan oleh seseorang untuk menawarkan layanan jasa kepada satu atau lebih klien, salah satunya adalah content writer. Berdasarkan kesepakatan pihak jasa dengan klien sesuai akad yang dilakukan untuk mengedit artikel, tidak menutup kemungkinan jika klien tidak memberi upah atas hasil kerja pihak jasa karena klien tidak bertanggung jawab dengan kesepakatan awal, sehingga surat perjanjian kontrak kerja menjadi kekuatan hukum bagi jasa freelance. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan penelitian kualitatif yang metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik dan analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: Pengelolaan data melalui kajian deskriptif dengan teknik analisis kualitatif, analisis data dalam deskriptif bersifat induktif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jasa freelance content writer NO itu sudah sesuai dengan portofolio, biaya jasa, kemampuan riset, komunikasi yang baik, kreativitas, dan pengetahuan yang luas untuk mencapai tulisan yang relevan. Akad dalam praktik jasa freelance content writer NO juga sudah sesuai dengan syariat Islam berdasarkan rukun dan syarat akad ijârah tetapi tidak sesuai dengan salah satu syarat upah dalam hal waktu pembayaran upah karena terdapat pelanggaran ketentuan dalam pembayaran upah yang sangat bergantung pada jumlah views artikel di website. Sementara menunda pembayaran upah oleh pihak klien termasuk perbuatan zhalim yang dilarang dalam hukum ekonomi syariah dan pihak jasa boleh menerima upah tersebut tetapi ini tidak memenuhi prinsip taradhin (kerelaan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Content Writer, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ANISA PRATIWI 1930104208
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:05
Last Modified: 15 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33437

Actions (login required)

View Item View Item