MANAJEMEN MAJELIS TAKLIM AL-HIKMAH DALAM MENINGKATKAN MINAT WARGA MENGIKUTI PENGAJIAN DI KELURAHAN KEBUN BUNGA KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG

Anamiah, Alrama Tripina (2023) MANAJEMEN MAJELIS TAKLIM AL-HIKMAH DALAM MENINGKATKAN MINAT WARGA MENGIKUTI PENGAJIAN DI KELURAHAN KEBUN BUNGA KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul “Manajemen Majelis Taklim Al-Hikmah dalam Meningkatkan Minat Warga Mengikuti Pengajian di Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Kota Palembang”. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui manajemen Majelis Taklim Al-Hikmah di Kelurahan Kebun Bunga. (2) untuk mengetahui upaya Majelis Taklim Al-Hikmah dalam Meningkatkan Minat Warga mengikuti Pengajian di Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen pengelolaan majelis taklim Al-Hikmah Kelurahan Kebun Bunga yaitu melalui dengan proses perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian (POAC) yang dilakukan oleh majelis taklim sudah berjalan dengan baik meski masih ada salah satu yang belum berealisasi dengan baik, dan hal yang tersebut ditanggulangi agar semua bisa dilakukan dengan baik. Sehingga kegiatan keagamaan akan terus mengalami peningkatan. (2) Upaya majelis taklim Al-Hikmah dalam menumbuhkan minat warga kelurahan kebun bunga agar tertarik mengikuti majelis taklim yaitu melalui partisipasi dan kemauan yang dimotivasi terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar dimana pendidikan nonformal ini merupakan salah satu sarana dakwah umat Islam yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmu agam dan kesadaran beragama dikalangan masyarakat Islam pada umumnya dan khususnya bagi para anggota majelis taklim Al Hikmah. Adanya kegiatan-kegiatan diluar masjid seperti para majelis mengikuti perjalanan ziarah kemakam bersejarah Islam di Palembang, adanya hadiah bulanan maupun perkumpulan pengajian besar di Masjid terrnama dan bertemu dengan ustadz terkenal, hal ini tentunya sangat membuat antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan keagamaan di majelis taklim Al Hikmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan, Majelis Taklim Al-Hikmah, Minat.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: ALRAMA TRIPINA ANAMIAH 1720504024
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:00
Last Modified: 15 Dec 2023 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33442

Actions (login required)

View Item View Item