PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BUS ANTAR KOTA DALAM PERSFEKTIF HUKUM EKOMONI SYARIAH (Studi pada jasa Bus antar kota Sekayu-Palembang)

Almukhlisin, Ioker (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BUS ANTAR KOTA DALAM PERSFEKTIF HUKUM EKOMONI SYARIAH (Studi pada jasa Bus antar kota Sekayu-Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI IOKER ALMUKHLISIN FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Perlindungan hukum bagi konsumen bus antar kota Sekayu-Palembang dalam pespektif hukum ekonomi syariah. Perlindungan hukum terhadap konsumen sangatlah penting terutama kepada penumpang bus pada dasarnya konsumen selalu berada dipihak yang paling lemah, perlindungan terhadap penumpang bus merupakan hal yang paling diutamakan sehingga memberikan kualitas pelayanan dan kepastian hukum yang terjamin, penumpang bus berhak mendapatkan keamanan, kenyamanan serta keselamatan dalam melakukan perjalanannya. Hal ini sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan terhadap konsumen yang menyatakan bahwa konsumen berhak atas keamanan, kenyamanan dan serta keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang diberikan oleh produsen atau pelaku usaha. Namun yang terjadi saat ini masih banyak pelaku usaha yang tidak mementingkan keselamatan konsumen salah satunya angkutan bus antar kota Sekayu-palembang sehingga menimbulkan kerugian terhadap penumpang bus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi penumpang bus antar kota Sekayu-Palembang dengan perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan diambil dari data primer dengan wawancara dan data sekunder dengan mengelolah data dengan bahan hukum primer kemudian pembahasan ini disimpulkan dari pernyataan-pernyataan yang bersifat umum sehingga dapat dipahami dengan mudah. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami dan disimpulkan perlindungan hukum terhadap penumpang bus antar kota Sekayu-Palembang belum sesuai dengan ketentuan undang-undang karena pelaku usaha tidak memberikan hak-hak konsumen atas keamanan, kenyamanan dan keselamatan dan tidak sejalan dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah dalam menjalankan usaha tidak boleh adanya unsur bahaya (dharah) sesuai dengan prinsip Maqasid Syariah al-kulliyat al-maqasid al khamsah perlindungan terhadap jiwa (hifz al-hafs). Kata kunci : Perlindungan hukum, konsumen bus, hukum ekonomi syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: IOKER ALMUKHLISIN 1930104147
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:48
Last Modified: 04 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33522

Actions (login required)

View Item View Item