TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMEUHAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM JUAL BELI PRODUK SKINCARE DENGAN SISTIM PEMINDAHAN ISI ( SHARE IN JAR ) ( STUDI KASUS RALINE BEAUTY SHOP DI SEKIP)

PUTRI, RIZKI ANISA (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMEUHAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM JUAL BELI PRODUK SKINCARE DENGAN SISTIM PEMINDAHAN ISI ( SHARE IN JAR ) ( STUDI KASUS RALINE BEAUTY SHOP DI SEKIP). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
RIZKI ANISA PUTRI 1930104155.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Upaya perlindungan hukum pada konsumen share in jar terhadap tidak terpenuhinya hak-hak konsumen. Untuk itu terdapat beberapa permasalahan yang akan diteliti yaitu, 1) Bagaimanakah pemenuhan hak-hak konsumen dalam jual beli produk skincare dengan sistim share in jar?, 2) Bagaimanakah Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pemenuhan hak-hak konsumen dalam jual beli produk skincare dengan sistim share in jar? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif yang menggambarkan data di lapangan secara langsung dengan menggunakan data yang berasal dari teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, maka dapat diketahui bahwa 1) Pemenuhan hak- hak konsumen dalam jual beli skincare dengan sisitim share in jar adalah Pelaku usaha tidak memenuhi informasi yang lengkap berupa tanggal kadaluwarsa, komposisi bahan, manfaatnya, cara pemakaiannya, serta peringatan pada produk dan juga keamanan produk belum terjamin. 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pemenuhan hak-hak konsumen dalam jual beli skincare dengan sistim share in jar adalah pelaku usaha tidak memberikan hak khiyar berupa khiyar aib dan khiyar syarath, serta tidak memenuhi syarat jual beli dalam Islam yaitu tidak memberikan informasi mengenai detail berupa kualitas dan kuantitas pada barang yang dijualnya mengandung ketidakjelasan (gharar).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Share In Jar, Hak-Hak Konsumen, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: RIZKI ANISA PUTRI 1930104155
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:48
Last Modified: 18 Dec 2023 02:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33531

Actions (login required)

View Item View Item