WANPRESTASI DALAM PENYEWAAN ALAT PENEBAR PUPUK ORGANIK PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH ( Studi kasus di Desa Sarang Bulan kabupaten empat Lawang)

Pratama, Muhammad Raihan (2023) WANPRESTASI DALAM PENYEWAAN ALAT PENEBAR PUPUK ORGANIK PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH ( Studi kasus di Desa Sarang Bulan kabupaten empat Lawang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI RAIHAN KE 2-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Wanprestasi Dalam Penyewaan Alat Penebar Pupuk Organik Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Desa Sarang Bulan Kabupaten Empat Lawang) Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan tentang ingkar janji atau wanprestasi yang dilakukan oleh penyewa alat kepada pemilik alat sehingga banyak menyebabkan beberapa kelompok petani merasa hak mereka tidak tersalurkan dengan baik, hal tersebut menyebabkan terjadinya kerugian dari salah satu petani yang menyewa alat penebar pupuk organik tersebut dikarenakan sawah milik petani yang menyewa terbengkalai dan mendapatkan kerugian berbentuk lahan. Rumusan masalah dari penelitian ini, (a) Apakah faktor penyebab terjadinya wanprestasi dalam penyewaan alat penebar pupuk organik di Desa Sarang Bulan Kabupaten Empat Lawang? (b) Bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penyebab wanprestasi dalam penyewaan alat penebar pupuk organik di Desa Sarang Bulan Kabupaten Empat Lawang?. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian normatif empiris dengan sumber data yang diperoleh langsung melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang menguraikan dan menganalisis permasalahan yang relevan. Penelitian ini mengidentifikasi tiga faktor utama yang menyebabkan wanprestasi dalam penyewaan alat penebar pupuk organik di Desa Sarang Bulan, Kabupaten Empat Lawang: (a) Tidak patuh terhadap perjanjian kontrak, (b) adanya kecurangan dalam perjanjian, dan (c) kurangnya profesionalisme dalam penanganan kontrak. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah, terdapat ketidaksesuaian dengan syarat dan rukun ijarah, termasuk tidak ada pernyataan ijab qabul, pelanggaran asas kejujuran, dan pembayaran sewa yang tidak selalu sesuai dengan syarat hukum ijarah. Rekomendasi penelitian mencakup menciptakan catatan tertulis bermaterai sebagai bukti hukum yang kuat untuk melindungi pihak yang terkena dampak kecurangan atau wanprestasi dalam sewa menyewa alat penebar pupuk organik. Kata Kunci: Alat Berat, Wanprestasi, Penebar Pupuk Organik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MUHAMMAD RAIHAN PRATAMA 1930104161
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:32
Last Modified: 24 Jan 2024 05:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33545

Actions (login required)

View Item View Item