Usni, NIM. 14210243 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA MELALUI KEGIATAN PAI TERPADU KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
USNI (14210243).pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Adapun yang melatarbelakangi masalah penelitian ini yaitu kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan PAI terpadu, dikarenakan beberapa faktor seperti jam kegiatannya terlalu sore, juga minat dari siswa-siswi itu sendiri ada yang memang benar-benar niat dalam diri sendiri ingin mengikuti kegiatan PAI terpadu dan banyak juga siswa-siswi yang hanya mengikuti karena keterpaksaan oleh dikarenakan kegiatan PAI tepadu tersebut diwajibkan. Masih banyak siswa yang malas mengerjakan shalat dzuhur secara berjamaah, masih banyak siswa yang bermain-main ketika shalat dzuhur berjamaah telah dimulai, tergesernya nilai-nilai Islam dalam diri siswa maka munculah rasa malas pada diri siswa untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan PAI terpadu kelas XII di SMA Negeri 6 Palembang? Bagaimanakah penanaman nilai- nilai pendidikan agama Islam pada siswa kelas XII di SMA Negeri 6 Palembang melalui kegiatan PAI terpadu? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa melalui kegiatan PAI terpadu kelas XII di SMA Negeri 6 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Melalui Kegiatan PAI terpadu Kelas XII di SMA Negeri 6 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ialah 3 Guru PAI Terpadu dan 10 siswa/i kelas XII SMA Negeri 6 Palembang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa melalui kegiatan PAI terpadu kelas XII di SMA Negeri 6 Palembang sudah cukup baik. Pertama, hal itu dilihat dari kegiatan PAI terpadu ini termasuk dalam kegiatan mingguan program IMTAQ yaitu ada pada hari Selasa dan Kamis jam kegiatannya 15:30-17:10. Adapun mater-materi kegiatan PAI terpadu sebagai berikut: Teori dasar dakwah, Sedekah, Kahitanan, Isra‟ Mi‟raj dan Maulid Nabi Muhammad SAW, Berzanji, Marhabah, Thaharah, Shalat-shalat sunnah, Praktek Muazzin, Maasiyirol, Khotib dan Pengurusan jenazah. Kedua, penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa melalui kegiatan PAI terpadu kelas XII di SMA Negeri 6 Palembang adalah Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Menggunakan metode dan media yang relevan, Proses Kegitan PAI Terpadu. Keempat, adapun faktor pendukung dalam kegiatan pelaksanaan PAI terpadu yaitu: media pembelajaran (infokus), Lab. PAI dan Mushola. Ketiga, hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PAI terpadu ialah kurangnya motivasi siswa, keterbatasan waktu dan fasilitas praktek dalam kegiatan pembelajaran PAI terpadu. Kelima, cara mengatasi hambatan kegiatan PAI terpadu tentu guru dan tutor harus bekerjasama dengan pengurus program IMTAQ untuk masalah waktu dan fasilitas praktek karena kalau tidak bekerjasama, tentu proses kegiatan PAI terpadu tidak akan terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:30 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:30 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
View Item |