PERAN LEMBAGA-LEMBAGA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DESA ARISAN MUSI TIMUR KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM

Nonik, Nonik (2023) PERAN LEMBAGA-LEMBAGA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DESA ARISAN MUSI TIMUR KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Lembaga-lembaga Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pembangunan Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui dampak kelembagaan desa terhadap peningkatan keterlibatan pembangun masyarakat di Desa Arisan Musi Timur. Sumber data yang diwawancarai yaitu Kepala Desa Arisan Musi Timur, Sekretaris Desa, dan seluruh tokoh masyarakat serta pimpinan Lembaga Desa di Desa Arisan Musi Timur, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muara Enim. Teori yang digunakan adalah Mariam Budiarjo mendefinisikan ―keterlibatan politik‖ sebagai ―keterlibatan aktif individu atau kelompok dalam urusan politik,‖ yang mencakup kegiatan seperti memilih pejabat publik dan mempunyai pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap kebijakan publik. Tipe penelitian yang digunakan adalah analisis dan pendekatan kualitatif dengan metode teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi kelembagaan desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Arisan Musi Timur sangatlah penting. Untuk mencapai hal ini, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa didorong melalui penggunaan lembaga-lembaga politik desa. Karena dampak positifnya terhadap keterlibatan masyarakat desa dalam kegiatan demokrasi, penerapan Lembaga membawa beberapa manfaat bagi masyarakat desa. Kata Kunci: Lembaga-lembaga, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:11
Last Modified: 21 Dec 2023 08:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33613

Actions (login required)

View Item View Item