SISTEM ARISAN IPHONE SECARA ONLINE DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @byjeanyfitriana)

DEDI, AGUSTIAWAN (2023) SISTEM ARISAN IPHONE SECARA ONLINE DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @byjeanyfitriana). Undergraduate Thesis thesis, UIN raden fatah palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEDI SETIAWAN.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEDI SETIAWAN.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Sistem Arisan Iphone Secara Online Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Akun Instagram @byjeanyfitriana)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah-masalah yang terjadi pada fenomena Arisan Iphone Secara Online Pada Akun Instagram @byjeanyfitriana yaitu adanya denda yang dikenakan pada peserta arisan yang telat membayar dan adanya perubahan objek arisan dari iphone diganti dengan uang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem arisan iphone secara online pada akun instagram @byjeanyfitriana dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini sumber data primer yaitu wawancara dengan subjek penelitian dan data sekunder didapat dari sumber tidak langsung, yaitu melalui litaratur-litaratur yang berkaitan dengan penelitian ini seperti buku, jurnal, skripsi, dan artikel dari internet yang bertujuan untuk menambah dan menguatkan data primer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem arisan iphone secara online pada akun instagram @byjeanyfitriana ini sudah memenuhi syarat sah seorang yang melakukan akad. Akantetapi terdapat hal yang tidak sesuai dengan hukum ekonomi syariah yaitu terdapat riba dengan dikenakan denda kepada peserta yang telah membayar iuran dan termasuk perbuatan dzolim dan hukum Islam melarang hal tersebut. Kata kunci: Sistem, Aisan Online, Iphone, Hukum Ekonomi Syariah, Akad, Riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Aisan Online, Iphone, Hukum Ekonomi Syariah, Akad, Riba.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DEDI AGUSTIAWAN 1930104098
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:28
Last Modified: 27 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33689

Actions (login required)

View Item View Item