TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP SANKSI EKSPLOITASI ORANG TUA OLEH ANAK DENGAN DIJADIKAN PENGEMIS DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

ALFARISI, RIFQI (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP SANKSI EKSPLOITASI ORANG TUA OLEH ANAK DENGAN DIJADIKAN PENGEMIS DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji dari segi aspek orang tua yang dieksploitasi menjadi pengemis secara online di TikTok dan dilihat dari segi Hukum Pidana Islam. Pokok kajian dalam penelitian ini adalah Bagaimana eksploitasi orang tua oleh anak dengan dijadikan pengemis di media sosial tiktok menurut Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan bagaimana sanksi eksploitasi orang tua oleh anak dengan dijadikan pengemis di media sosial tiktok menurut Hukum Pidana Islam. Metode Penelitian ini termasuk yuridis Normatif, sedangkan spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini agar memberikan pengetahuanPkepada anak terhadap pentingnya menyayangi dan menjaga orang tua terkhusus yang sudah berusia lanjut dan tidak mengeksploitasi hak orang tua serta bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran, kajian dan referensi kepada pelajar atau mahasiswa untuk mewujudkan kesadaran eksploitasi orang tua oleh seorang anak di zaman digital tepatnya di media sosial aplikasi TikTok. Kesimpulan dari kajian ini adalah bahwa kedua orang tua adalah hamba Allah yang menjadi perantara hadirnya manusia di dunia. Sudah sepantasnya kita selalu berbakti kepada orang tua. Dari perspektif Hukum Pidana Islam terhadap perbuatan anak dan keluarga yang mengeksploitasi orang tua perbuatan dosa karena telah melanggar perintah Allah dan mendapat ganjaran hukuman Ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekploitasi Orang Tua, Pengemis, Media Sosial
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: RIFQI ALFARISI 1930103132
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:28
Last Modified: 27 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33696

Actions (login required)

View Item View Item