Tri Sutrisno, Nim. 14510067 (2018) Strategi Komunikasi Driver Gojek Dalam Menarik Simpati Pelanggan (Studi pada Komunitas Gojek Demang di Palembang). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Tri Sutrisno (14510067).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi komunikasi driver Gojek dalam menarik simpati pelanggan. Untuk dapat menarik simpati para pelanggan seorang driver Gojek harus memiliki strategi komunikasi yang efektif. Melihat masih banyak driver Gojek yang melanggar etika berkomunikasi dengan para pelanggan dan kurangnya perencanaan komunikasi saat melayani para pelanggan sehingga bisa menyebabkan kekecewaan dan ketidakpuasan para pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Maka dari itu skripsi yang peneliti buat dengan judul “Strategi Komunikasi Driver Gojek Dalam Menarik Simpati Pelanggan (Studi pada Komunitas Gojek Demang di Palembang)”. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu pertama bagaimana etika komunikasi driver Gojek Demang Palembang dalam menarik simpati pelanggan dan bagaimana perencanaan driver Gojek Demang Palembang dalam menarik simpati pelanggan. Untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini ialah perangkat komunitas serta anggota komunitas driver Gojek Demang Palembang, sedangkan data sekundernya ialah buku-buku dan informasi dari instansi melalui laporan-laporan, yang terkait dengan permasalahan penelitian. Pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan metode analisis studi deskriftif yakni, mendeskripsikan data yang didapat melalui realita dan fenomena yang sebenarnya. Dengan demikian berdasarkan penelitian di atas ditemukan hasil penelitian menunjukan bahwa etika komunikasi driver Gojek Demang Palembang adalah baik, indikatornya para driver Gojek melaksanakan sembilan etika driver Gojek saat berkomunikasi dengan pelanggan. Adapun perencanaan driver Gojek Demang Palembang dalam menarik simpati pelanggan, indikatornya, pertama perencanaan terhadap unsur-unsur komunikasi yang maksimal yang terdiri dari komunikator dan pesan, kedua media dan umpan balik, ketiga teknik komunikasi informatif, persuasif, dan koersif terakhir keempat tujuan yaitu, kepuasan pelanggan dan simpati para pelanggan. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Simpati, Komunitas, Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3370 |
Actions (login required)
View Item |