TIKA AFNI, NIM. 13270130 (2017) PENGARUH PENERAPAN DIRECT METHOD (METODE LANGSUNG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TIKA AFNI (13270130).pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Direct Method (Metode Langsung) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena banyak siswa yang belum bisa berbicara dan membaca Arab serta susah untuk memahami materi yang diajarkan, dan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di sekolah masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan direct method (metode langsung), yang merupakan suatu metode pembelajaran dimana siswa dapat berlatih berbicara bahasa Arab secara langsung dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan menjadi lebih bermakna. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan direct method (metode langsung) siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Arab, bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan direct method (metode langsung) kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Arab, dan bagaimana pengaruh penerapan direct method (metode langsung) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pre-Experiment tipe One Group Pretest-Posttes Disegn. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 166 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB MI Hijriyah II Palembang yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini diterapkan sampel probability sampling tipe cluster random sampling. Alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes (pretest dan posttest). Untuk teknik analisa data, peneliti menggunakan teknik Test “t” dalam keadaan sampel Besar (N lebih dari 30) dan kedua sampel tersebut satu sama lain saling berhubungan, Hasil penelitian menunjukkan hasil tanpa diterapkan direct method (metode langsung) tergolong rendah, dan dengan diterapkan direct method (metode langsung) tergolong tinggi. Pengaruh Penerapan Direct Method (Metode Langsung) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah II Palembang pada materi dialog sederhana tentang ةَْسْ ُلأَا ُداَرْفَأ terlihat secara signifikan lebih baik dibandingkan tanpa diterapkan direct method (metode langsung). Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data yaitu df= 2,03 < 4, 18 > 2,72 yang kita peroleh interpretasi t tabel 2,03 < 4, 18 > 2,72 karena r xy lebih besar dari harga t taraf signifikan 1 % dan 5 % maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab antara sebelum dan sesudah diterapkan direct method (metode langsung). Ini mengandung makna penerapan direct method (metode langsung) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3373 |
Actions (login required)
View Item |