Bimbingan Konseling Islam Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Pemanfaatan Waktu Luang Pada Remaja Putus Sekolah

Rahayu, Citra Repsi Tri (2023) Bimbingan Konseling Islam Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Pemanfaatan Waktu Luang Pada Remaja Putus Sekolah. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI_CITRA REPSI TRI RAHAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan konseling Islam melalui teknik self management dalam meningkatkan pemanfaatan waktu luang pada remaja putus sekolah (klien R) di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Subyek utama dalam penelitian ini adalah klien “R” yang juga merupakan sumber data primer penelitian. Sedangkan sumber data sekunder penelitian adalah ayah klien, ibu klien, adik klien, dan teman klien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Robert K. Yin yang terdiri dari 3 teknik yaitu perjodohan pola, eksplanasi data, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian yang dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Pada tahap inti merupakan proses pemberian teknik self management yang meliputi beberapa tahap yaitu pemantauan diri (self monitoring), reinforcement yang positif (reward), kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri (self contracting), dan penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control), setelah diterapkannya bimbingan konseling Islam melalui teknik self management bahwa klien “R” mengalami peningkatan yang cukup positif, dimana adanya perubahan tingkah laku baru yang dilakukan oleh klien “R”. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Teknik Self Management, Waktu Luang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Teknik Self Management, Waktu Luang.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: CITRA REPSI TRI RAHAYU 1720502040
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:12
Last Modified: 03 Jan 2024 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33765

Actions (login required)

View Item View Item