MANAJEMEN TAKMIR MASJID DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI SHOLAT BERJAMAAH BAGI REMAJA MASJID AL-MUTTAQIN DI DESA BENTAYAN KABUPATEN BANYUASIN

Fersikasari, Putri (2023) MANAJEMEN TAKMIR MASJID DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI SHOLAT BERJAMAAH BAGI REMAJA MASJID AL-MUTTAQIN DI DESA BENTAYAN KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Takmir Masjid Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Sholat Berjamaah Bagi Remaja Masjid Al-Muttaqin Di Desa Bentayan Kabupaten Banyuasin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Takmir Masjid dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Masjid Al-Muttaqin remaja di Desa Bentayan Kabupaten Banyuasin. Memakmurkan masjid perlu adanya perencanaan. Perencanaan (menumbuhkan kesadaran diri remaja untuk sholat berjamaah). Dalam menumbuhkan kesadaran diri remaja dan peningkatan kualitas jamaah, manajemen takmir masjid menggunakan salah satu program yaitu program TOT(Training Of Trainers). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu mengkaji dan memaparkan permasalahan secara jelas. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Peneliti menggunakan teori manajemen menurut George R Terry, yang menyatakan bahwa manajemen memiliki beberapa tahapan yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), Pengendalian (Controlling). Kesimpulan pada penelitian ini adalah takmir masjid memiliki peran penting dalam menumbuhkan kesadaran diri remaja masjid terkait shalat berjamaah. Hal tersebut dicapai melalui beberapa strategi pengelolaan melalui pelatihan dalam kegiatan TOT (Training Of Trainers). Adanya kegiatan tersebut remaja masjid mendapatkan sikap positif dan mulai menyadari pentingnya shalat berjamaah di masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Takmir Masjid, Kesadaran Diri, Sholat Berjamaah.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: PUTRI FERSIKASARI 1930504091
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:11
Last Modified: 09 Jan 2024 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33935

Actions (login required)

View Item View Item