SISTEM BAGI HASIL PENDAPATAN PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Mainan Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin)

Alfaridzhi, M Furqon (2023) SISTEM BAGI HASIL PENDAPATAN PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Mainan Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Bab1 pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
Bab 2 landasan teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
Bab 3 metodologi penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
Bab 4 hasil dan pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Bab 5 penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem bagi hasil pendapatan petani karet dengan pemilik lahan di Desa Mainan dan untuk mengetahui bagaimana sistem bagi hasil pendapatan petani karet dalam perspektif Ekonomi Islam di Desa Mainan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep miles dan huberman. Teknik analisis ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemilik kebun yang memutuskan untuk berkerja sama dengan sistembagi hasil ini dikarenakan mereka sudah mempunyai pekerjaan dan juga sudah berumur untuk menggarap kebunnya sendiri. Sistem bagi hasil yang dijalankan masyarakat desa mainan rata-rata sistem bagi hasil bagi dua dan ada juga yang bagi tiga. Perjanjian bagi hasilnya kebanyakan dilakukan secara lisan saja tanpa adanya perjanjian tertulis yang resmi dan bisa dikatakan sebagai perjanjian secara kekeluargan . Adapun proses pembagian hasil antara pemilik kebun dan penggarap karet dalam perspektif ekonomi islam di desa mainan sudah sesuai dengan kaidah fiqih yang dilakukan dengan akad mudharabah. Pada akad mudharabah pemilik kebun meyediakan pohon karet yang sudah siap disadap dan penggarap akan mengelolahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: M. FURQON ALFARIDZHI 1920602129
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:18
Last Modified: 09 Jan 2024 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33943

Actions (login required)

View Item View Item