FANATISME KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN (Studi Pada Desa Prabumenang Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir)

YUNIAR LARASATI, 2020404022 and ANDI CANDRA, JAYA and AFIF MUSTHOFA, KAWWAMI (2023) FANATISME KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN (Studi Pada Desa Prabumenang Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini memberikan pemahaman mendalam mengenai tingginya fanatisme pendukung dari masyarakat dalam pemilihan kepala desa, yang mengakibatkan kepemimpinan di Desa Prabumenang dipimpin oleh kepala desa yang menjabat selama tiga periode. Tingkat fanatisme yang signifikan tercermin dalam hasil pemilihan kepala desa yang meraih kemenangan dalam tiga periode berturut-turut. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah fanatisme kepemimpinan kepala desa dalam perspektif ibnu khaldun. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Data primer dari hasil data buku "Mukaddimah" Ibnu Khaldun cetakan pertama. Sementara data sekunder berasal dari dokumen terkait, seperti literatur. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Prabumenang Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara fanatisme dalam kepemimpinan kepala desa di Desa Prabumenang dengan konsep fanatisme kepemimpinan dalam perspektif Ibnu Khaldun. Teori Ashabiyah yang mencakup semangat kebersamaan dan solidaritas dalam kelompok, diidentifikasi sebagai solusi potensial untuk mengatasi permasalahan yang timbul di Desa Prabumenang. Selain itu, penelitian menyoroti bahwa fanatisme yang berlebihan dianggap merugikan untuk perkembangan masyarakat, sejalan dengan pandangan Ibnu Khaldun terhadap dampak negatif ashabiyah yang tidak seimbang. Kata Kunci: Fanatisme Kepemimpinan, Kepala Desa, Desa Prabumenang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Fanatisme Kepemimpinan, Kepala Desa, Desa Prabumenang
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: YUNIAR LARASATI 2020404022
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:17
Last Modified: 10 Jan 2024 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item View Item