PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN TANAH WAKAF MASJID BAITURRAHMAN YANG TIDAK BERSERTIFIKAT DI DESA KARYA JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

HADIANTO, NUR (2024) PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN TANAH WAKAF MASJID BAITURRAHMAN YANG TIDAK BERSERTIFIKAT DI DESA KARYA JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
COVER..pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1..pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di lakukan bertujuan (1) Untuk mengetahui pengelolaan tanah wakaf masjid yang tidak bersertifikat. (2) Untuk mengetahui kendala dalam mengurus pengesahan tanah wakaf dimasjid baiturrahman yang tidak bersertifikat. (3) Untuk mengetahui implikasi pengelolaan tanah wakaf masjid baiturrahman yang tidak bersertifikat pada suatu saat nanti (4) Untuk mengetahui pengembangan tanah wakaf di masjid baiturrahman yang tidak bersertifikat dan apa saja yang di lakukan nazhir dalam mengurus pengesahan tanah wakaf di masjid baiturrahman yang tidak bersertrifikat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif atau lapangan. Pengumpulan data primer dan sekunder dengan menggambarkan keadaan dari objek yang diteliti dilapangan kemudian terhadap permasalahan yang timbul akan ditinjau dan di analisis secara mendalam dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini di temukan bahwa (1) Pengelolaan tanah wakaf untuk bangunan Masjid Baiturrahman di Desa Karya Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu dikelola oleh pengurus masjid dan juga dibantu oleh masyarakat sekitar, (2) Kendala yang dihadapi pengurus masjid dalam mengurus pengesahan sertifikat tanah wakaf yaitu mengenai ketidaktahuan dalam proses kepengurusannya, dapat menyebabkan penarikan kembali harta wakaf tersebut oleh ahli waris dikarenakan belum ada bukti atau sertifikat yang mengesahkan harta wakaf tersebut. (3) Implikasi pengelolaan tanah wakaf Masjid Baiturrahamn ini apa bila tanah wakaf tersebut tidak di urus di khawatirkan suatu saat harga tanah semakin meningkat bisa terjadinya suatu hal yang tidak di inginkan. (4) Dalam pengembangan dan upaya nadzhir dalam melakukan pengesahan tanah wakaf bahwa Masjid Baiturrahaman telah banyak manfaat nya bagi masyarakat sekitar, bukan hanya tempat Ibadah tetapi di gunakannya TPA oleh anak anak di lingkungan masjid dan telah melakukan renovasi besar besaran hingga 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengelolaan, pengembangan, wakaf, tidak bersertifikat.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NUR HADIANTO 1930604111
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:10
Last Modified: 11 Jan 2024 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34015

Actions (login required)

View Item View Item