ANALISIS TINGKAT BIOKONSENTRASI MERKURI (Hg) PADA TANAMAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DI DAERAH PENGOLAHAN BIJIH EMAS SKALA KECIL

Febriansyah, Febri (2023) ANALISIS TINGKAT BIOKONSENTRASI MERKURI (Hg) PADA TANAMAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DI DAERAH PENGOLAHAN BIJIH EMAS SKALA KECIL. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI FEBRIAN FULL BAB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Limbah dari tailing ini menjadi masalah utama bagi lingkungan karena mengandung merkuri. Merkuri dapat merusak sistem syaraf pusat dan organ tubuh lainnya. Sebagian besar merkuri masuk kedalam tubuh manusia melalui rantai makanan. Tanaman Jeruk nipis adalah tanaman yang paling banyak terdapat di daerah pengolahan biji emas dan sangat sering dikonsumsi oleh penduduk di daerah tersebut. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk menilai nilai BCF dari tanaman tersebut dan nilai EDI untuk mengukur tingkat risiko bagi masyarakat setempat jika mengkonsumsi tanaman tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif analitik dengan metode sampling quota sampling. Pengujian kadar merkuri pada daun tanaman jeruk nipis menggunakan alat ASS. Hasil penelitian ini menunjukan konsentrasi logam merkuri (Hg) pada daun jeruk nipis dengan nilai tertinggi yaitu 0,48 ppm, nilai terendah 0,018 ppm dan rata-rata 0,14 ppm dan melebihi nilai ambang batas. Nilai BCF tertinggi terdapat yaitu 0,00552 dan nilai terendah yaitu dengan nilai 0,000003. Rata-rata nilai BCF pada setiap stasiun yaitu >1 yang termasuk kedalam kategori excluder. Hasil penghitungan nilai EDI pada 10 stasiun sampel diketahui bahwa semuanya mempunyai nilai EDI >10 RfD yang beresiko tinggi terhadap kesehatan apabila mengkonsumsi daun jeruk nipis dilokasi tersebut. Kata Kunci : Biokonsetrasi Faktor (BCF), Logam Berat, Merkuri (Hg), Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia), Estimated Daily Intake (EDI).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Biokonsetrasi Faktor (BCF), Logam Berat, Merkuri (Hg), Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia), Estimated Daily Intake (EDI)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Febriansya - -
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:25
Last Modified: 12 Jan 2024 03:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34029

Actions (login required)

View Item View Item