ANALISIS KEBERHASILAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH (ZIS) DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN ANAK YATIM (STUDI PADA PROGRAM KEMULIAAN UNTUK YATIM (KUY) DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAKESMA SUMATERA SELATAN)

Umita, Syaswiti (2023) ANALISIS KEBERHASILAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH (ZIS) DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN ANAK YATIM (STUDI PADA PROGRAM KEMULIAAN UNTUK YATIM (KUY) DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAKESMA SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)

Abstract

Dampak dari kemiskinan membuat anak-anak yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa tidak dapat menerima yang merupakan hal penting pada suatu bangsa dan negara .Pendidikan yang ditujukan kepada anak yatim merupakan bentuk kepercayaan yang harus di laknsanakan untuk generasi-generasi selanjutnya, serta memberikan pendidikan yang terbaik adalah bentuk perintah Allah dan juga Rasulullah Saw. Zakat, infaq,dan shadaqah menjadi solusi dalam penanggulangan kemiskinan dimana seseorang yang dikatakan mampu dapat menyalurkan harta mereka kepada yang membutuhkan. Salah satu yayasan pemerintah yang di percayai dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat yaitu Laznas Yakesma Sumatera Selatan merupakan suatu lembaga yang memiliki potensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya anak yatim. Laznas Yakesma memiliki salah satu program sosial yakni Kemuliaan Untuk Yatim yang melibatkan anak-anak yatim dari Panti asuhan binaan Laznas Yakesma serta kaum dhuafa. Penelitian ini memfokuskan pada pengelolaan dana ZIS pada program Kemuliaan Untuk Yatim di Laznas Yakesma Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif. Adapun yang dijadikan sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala cabang beserta staf di Laznas Yakesma. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan program Kemuliaan Untuk Yatim (KUY) diukur dari: 1) indikator sosial yaitu program Kuy tersosialisasikan dengan baik mengundang para donatur agar meningkatkan bantuan dari para donatur untuk keperluan program Kuy. 2) indikator budaya yaitu Laznas Yakesma menyajikan program yang tepat dan menampilkan informasi mengenai laporan kegiatan di media sosial dan website untuk menarik donatur. 3) indikator ekonomi yaitu membantu mencukupi kebutuhan anak sekolah anak yatim, bantuan sembako, ataupun uang. 4) indikator dakwah yaitu meningkatkan nilai keagaman anak-anak yatim dengan melakukan kolaborasi pada beberapa rumah Qur’an. 5) indikator lingkungan yaitu Laznas Yakesma mengajarkan mereka agar lebih banyak berbagi ketika anak yatim tersebut telah dewasa. Bentuk keberhasilan lainnya yaitu pada pengelolaan dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah dari Laznas Yakesma Sumatera Selatan pada program Kemuliaan Untuk Yatim (KUY) yaitu mengundang para donatur, dan juga penerima anak yatim dari Yakesma itu memang orang-orang yang membutuhkan bantuan. Untuk hambatan yang dihadapi oleh Laznas Yakesma memiliki keterbatasan dana sementara tidak semua anak yatim dapat menerima bantuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: umitasyaswiti@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, ZIS, Pemberdayaan, Program, Anak Yatim
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: SYASWITI UMITA 1930604046
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:08
Last Modified: 16 Jan 2024 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34104

Actions (login required)

View Item View Item