ANALISIS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DALAM PROGRAM OKI CERDAS PADA BAZNAS KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI)

Poppy Eka Lestari, P (2023) ANALISIS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DALAM PROGRAM OKI CERDAS PADA BAZNAS KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI). Other thesis, EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Image
WhatsApp Image 2024-01-12 at 02.01.51.jpeg

Download (147kB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf

Download (459kB)
[img] Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengelolaan keuangan pendidikan di BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kajian ini dilatarbelakangi oleh praktik pendidikan yang semakin mahal tanpa memperhatikan kondisi riil masyarakat yang tengah kesusahan oleh himpitan ekonomi, dan juga pentingnya pendidikan untuk masa yang akan datang. Potensi dana zakat yang cukup besar dapat membantu masyarakat miskin untuk bisa mengakses pendidikan dengan baik dan layak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana perencanaan keuangandana ZIS untuk pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir. (2) bagaimana pelaksanaan keuangan zakat untuk pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir. (3) bagaimana evaluasi keuangan zakat untuk pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Pengelolaan Program OKI CERDAS untuk pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi data Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan keuangan untuk pendidikan terdiri dari pembentukan program bantuan dana pendidikan/pendidikan alternatif dan beasiswa dhuafa yang diberikan kepada siswa kurang mampu yang menempuh pendidikan sekolah dasar (SD/MI) sampai menengah pertama (SMP/MTs) (2) Dalam pelaksanaan beasiswa dhuafa, pengurus BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir merekrut calon penerima atas dasar usulan dari orang tua maupun sekolah. BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir tidak memberikan informasi kepada masyarakat tentang program bantuan untuk pendidikan. Orang tua yang dibantu kepala sekolah mencari tahu informasi langsung ke BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir. Program tersebut tidak akan terlaksana jika tidak ada kepekaan sekolah maupun orang tua untuk mencari informasi ke BAZNAS. (3) Evaluasi dilakukan oleh pengurus BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir sebagai pengawas intem. KATA KUNCI : Analisis, Pengelolaan, Pendidikan, BAZNAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: POPPY EKA LESTARI 1651200023
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:09
Last Modified: 16 Jan 2024 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item View Item