HILANGNYA LEGITIMASI KEPEMIMPINAN JURAYTUE DALAM TATA KELOLA HUTAN LARANGAN (STUDI KASUS DI DESA DATAR BALAM DAN DESA AIR DINGIN LAMA KABUPATEN LAHAT)

DESTIANI, DESTIANI (2023) HILANGNYA LEGITIMASI KEPEMIMPINAN JURAYTUE DALAM TATA KELOLA HUTAN LARANGAN (STUDI KASUS DI DESA DATAR BALAM DAN DESA AIR DINGIN LAMA KABUPATEN LAHAT). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
DESTIANI 2030702067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana Hilangnya Legitimasi Kepemimpinan Juraytue Dalam Tata Kelola Hutan Larangan (Studi Kasus di Desa Datar Balam & Desa Air Dingin Lama Kabupaten Lahat). Suatu legitimasi mampu bertahan apabila dia masih legitimate dalam mengatur kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Legitimalsi Juralytue dalam tata kelola hutan larangan di desa Datar Balam dan desa Air Dingin Lama. Disamping itu penelitian ini juga ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya delegitimasi Juraytue dalam tata kelola hutan larangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi komparasi dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan komparasi itu menjadi penting ketika dalam konteks daerah dengan masyarakat yang berasal dari kultur yang sama, tetapi semakin kesini praktik kepemimpinan Juraytue dalam politik ekologi itu menjadi berbeda-beda derajatnya. Dimana keberadaan pimpinan dari Juraytue mengenai politik ekologi masih ada yang diakui dan ada yang telah mengabaikan keberadaanya.Oleh karena itu studi tentang Politik Ekologi perlu dikaji dengan studi komparasi.Serta turun ke lapangan langsung dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori dalam penelitian ini adalah teori legitimasi tradisional dari Max Webber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada persamaan dan perbedaan di kedua lokasi penelitian. Pengaplikasian asas kewenangan memerlukan perawatan yang akurat, supaya selalu menciptakan nilai positif untuk warga yang merasakan dampaknya. Perawatan ini diciptakan dalam bermacam mekanisme, aktivitas, sampai ritual khas, supaya lestari dan menjadi panutan yang di percayai. Kata Kunci : Legitimasi, Juraytue, Hutan Larangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:09
Last Modified: 16 Jan 2024 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34125

Actions (login required)

View Item View Item