Pengaruh Penggunaan Aplikasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di MTs Nurul Amal Pancasila

Mia, Mia (2023) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di MTs Nurul Amal Pancasila. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi buku sekolah elektronik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Nurul Amal Pancasila, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi buku sekolah elektronik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif Pre- Experimental Design One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 peserta didik dengan menggunakan aplikasi buku sekolah elektronik. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media aplikasi buku sekolah elektronik nilai yang termasuk ke dalam golongan tinggi adalah sebanyak 20% atau 4 siswa dengan interval ≥ 78, untuk golongan sedang sebanyak 65% atau 13 siswa dengan interval 56-78, dan golongan rendah sebanyak 15% atau 3 siswa dengan interval ≤ 56. Kemudian pada kelas posttest hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media aplikasi buku sekolah elektronik nilai yang termasuk ke dalam golongan tinggi adalah sebanyak 30% atau 6 siswa ≥ 89, untuk golongan sedang sebanyak 55% atau 11 siswa 69-89, dan golongan rendah sebanyak 15% atau 3 siswa ≤ 69. Dari statistik data tersebut setelah menggunakan aplikasi buku sekolah elektonik sebagai media pembelajaran terlihat adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aplikasi Buku Sekolah Elektronik (BSE), Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aplikasi Buku Sekolah Elektronik (BSE), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: MIA 1930202302
Date Deposited: 17 Jan 2024 00:57
Last Modified: 17 Jan 2024 00:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34178

Actions (login required)

View Item View Item