Hubungan Zikir dan Kebahagiaan dalam Perspektif Ibnu Atha'illah Al-Sakandari

Alsa Putri, Berliana (2024) Hubungan Zikir dan Kebahagiaan dalam Perspektif Ibnu Atha'illah Al-Sakandari. Hubungan Zikir dan Kebahagiaan dalam Perspektif Ibnu Atha'illah Al-Sakandari. pp. 1-14. (Unpublished)

[img] Text (Penelitian ini bertujuan untuk membahas makna zikir dan kebahagiaan serta cara mencapai kebahagiaan melalui zikir menurut Ibnu Atha’illah Al-Sakandari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan content analysis (analisis isi) yang ber)
Artikel Berliana Alsa Putri mendeley.docx

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas makna zikir dan kebahagiaan serta cara mencapai kebahagiaan melalui zikir menurut Ibnu Atha’illah Al-Sakandari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan content analysis (analisis isi) yang bersifat pemahaman mendalam untuk membuat rumusan kesimpulan dengan mengidentifikasi karakteristik secara sistematik dan objektif dari data penelitian diambil dari buku Ibnu Atha’illah yang berjudul Terapi Makrifat: Zikir Penentram Hati, Al-Hikam Ibnu Atha’illah Jalan Kebahagiaan Abadi karya Ibnu Atha’illah al-Sakandari serta referensi lain yang terkait. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa zikir meiruipakan cara uintuik leibih deikat keipada Allah Swt. dikareinakan lisan akan seilalui meinguicapkan kalimat zikir. Zikir juiga dapat meinceigah manuisia dari sifat lalai dalam meilakuikan aktivitas. Adapuin keibahagiaan meinuiruit Ibnui Atha’illah adalah hati dalam keiadaan yang taat dalam meinjalankan peirintah Allah, seihingga keibahagiaan ini meingacui pada duia dimeinsi yakni keibahagiaan duinia dan akhirat. Sehingga keibahagiaan dapat dipeiroleih meilaluii zikir dengan cara bersyukur atas apa yang ditetapkan oleh Allah Swt. memperbaiki akhlak dengan berdoa kepada Allah Swt. membaca al-Qur’an, dan melaksanakan shalat. Adapun zikir yang hakiki diuitarakan leiwat lisan dan direisapi dalam hati maka ia akan meirasakan sangat deikat deingan Allah, seihingga dapat beirpikir seicara jeirnih dan beirsih seisuiai jalan yang teilah Allah teitapkan.

Item Type: Article
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 180 Filosofi kuno, zaman pertengahan, dan filosofi ketimuran
200 Agama > 297 Islam > 2x7 Filsafat Islam dan Perkembangannya
Depositing User: BERLIANA ALSA PUTRI 1810302003
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:07
Last Modified: 18 Jan 2024 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34195

Actions (login required)

View Item View Item