POTENSI UJI EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera) TERHADAP MORTALITAS KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA/MA

Janna, Evina Miptahul (2023) POTENSI UJI EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera) TERHADAP MORTALITAS KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I_Evina.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I_Evina.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I_Evina.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kutu rambut (Pediculus humanus capitis) merupakan serangga yang membawa penyakit berbahaya seperti kekurangan darah. Upaya pengendalian dan pembrantasan kutu rambut yaitu dengan penggunaan insektisida alami, salah satu tanaman yang berpotensi sebagai insektisida alami adalah lidah buaya (Aloe vera). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis) akibat dari perlakuan ekstrak lidah buaya. Pada penelitian ini menghasilkan sumbangsih bagi dunia pendidikan yakni poster. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimental laboratory dengan berdasarkan hasil penelitian rerata kematian kutu kepala (Pediculus humanus capitis) yang paling efektif adalah pada kosentrasi 15% dengan kematian kutu rambut sebanyak 23 ekor (95%), sedangkan pada kosentrasi 10% sebanyak 18 ekor (75%) dan pada kosentrasi 5% sebanyak 10 ekor (41%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak lidah buaya (Aloe vera) berpotensi sebagai insektisida alami disebabkan adanya senyawa metabolit sekunder serta bahan aktif yaitu saponin, flavonoid, polifenol, dan tannin yang aktif dalam membunuh kutu rambut (Pediculus humanus capitis).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mortalitas, Pediculus humanus capitis, Lidah Buaya, Ekstrak, Poster
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:27
Last Modified: 22 Jan 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34309

Actions (login required)

View Item View Item