PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III MATERI PERILAKU TERPUJI DI SD NEGERI 223 PALEMBANG

Sari, Laila (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III MATERI PERILAKU TERPUJI DI SD NEGERI 223 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf

Download (87kB)

Abstract

Laila Sari (2023), Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Materi Perilaku Terpuji di SD Negeri 223 Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, kurangnya keaktifan belajar siswa, dan terdapat siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui keaktifan siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran Window Shopping dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Window Shopping bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas III. A yang berjumlah 27 siswa. Adapun metode pengumpulan datanya yaitu menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1). Keaktifan belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Window Shopping terdapat 10 siswa kategori sangat kurang aktif, 6 siswa kategori kurang aktif, 8 siswa kategori cukup aktif, dan 3 siswa kategori aktif. 2). Keaktifan belajar siswa sesudah penerapan model pembelajaran Window Shopping pada pertemuan 1, terdapat 4 siswa kategori kurang aktif, 10 siswa kategori cukup aktif, 9 siswa kategori aktif, dan 4 siswa kategori sangat aktif. Dan pada pertemuan 2 terdapat 4 siswa kategori cukup aktif, 10 siswa kategori aktif, dan 13 siswa sangat aktif. 3). Terdapat peningkatan hasil pretest dan posttest yang menunjukkan rata-rata pretest siswa yaitu 52,41%, dan hasil posttest siswa pertemuan 1 yaitu 66,48% dan pertemuan 2 yaitu 77,41%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Window Shopping, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:27
Last Modified: 22 Jan 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34350

Actions (login required)

View Item View Item