KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRIBAGI RESIDIVIS DI LPKA KLAS I PALEMBANG

Nugraha, Ade (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRIBAGI RESIDIVIS DI LPKA KLAS I PALEMBANG. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
JILID SKRIPSI ADE NUGRAHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JILID SKRIPSI ADE NUGRAHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini, fokus utamanya adalah mengevaluasi keefektifan konseling kelompok dengan menggunakan teknik Thought Stopping untuk meningkatkan kontrol diri residivis di LPKA Kelas I Palembang. Residivis, yang merupakan individu yang telah menjalani hukuman tetap dan kembali melakukan tindak kriminal, sering kali menghadapi tantangan internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku kriminal mereka. Faktor internal, seperti rendahnya kontrol diri dan pola pikir negatif, serta faktor eksternal, seperti pelabelan masyarakat dan masalah ekonomi, dapat memperkuat kecenderungan residivis melakukan tindak pidana. Meskipun lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) merupakan tempat untuk pembinaan dan pendidikan, fenomena meningkatnya kasus residivis di LPKA Kelas I Palembang pada tahun 2022 menunjukkan adanya permasalahan. Penelitian ini mengusulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik Thought Stopping dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kontrol diri residivis. Teknik ini melibatkan identifikasi masalah, identifikasi pikiran, treatment Thought Stopping, dan follow-up atau evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kontrol diri pada kelompok eksperimen dan juga pada kelompok kontrol, meskipun kelompok eksperimen menerima materi tambahan tentang teknik Thought Stopping. Kesimpulannya, konseling kelompok dengan teknik Thought Stopping dapat dianggap efektif dalam meningkatkan kontrol diri residivis di LPKA Kelas I Palembang. Meskipun terdapat keterbatasan penelitian, hasil ini memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan strategi intervensi lebih lanjut guna mengurangi tingkat residivisme di masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: residivis, kontrol diri, kriminalitas, Thought Stopping
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama
Depositing User: ADE NUGRAHA 1930502083
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:29
Last Modified: 29 Jan 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34658

Actions (login required)

View Item View Item