PENGARUH PKLPEREMPUAN DALAM MENUNJANG PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA MISKIN (STUDI KASUS TERHADAP PKL PEREMPUAN DI PASAR PAGI KELURAHAN SUNGAI PANGERAN KEC. ILIR TIMUR 1) (Skripsi)

Wahyuni, Depi Sri (2016) PENGARUH PKLPEREMPUAN DALAM MENUNJANG PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA MISKIN (STUDI KASUS TERHADAP PKL PEREMPUAN DI PASAR PAGI KELURAHAN SUNGAI PANGERAN KEC. ILIR TIMUR 1) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Depi Sri Wahyuni_FebEkoIsl.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Untuk mengukur kemiskinan, badan pusat statistik (BPS) menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs approach). Dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan dan non pangan yang diukur dari sisi pengeluaran konsumtif. Perhitungan garis kemiskinan dilakukan secara terpisah untuk daerah perkotaan dan pedesaan. Berbagai kebutuhan rumah tangga tersebut terkadang tidak dapat dipenuhi oleh penghasilan suami sendiri dan menuntut partisipasi istri dan ataupun anak. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tak jarang seorang suami harus bekerja lebih dari semestinya, sudah bekerja di siang hari kembali lagi bekerja di malam hari. Usaha kerja keras suami semacam inipun masih juga harus dibantu oleh istri, terutama bagi keluarga menengah ke bawah (miskin). Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PKL perempuan, terhadap pendapatan. Metode analisis yang menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu angket (kuesioner), teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan 30 orang yaitu ibu-ibu di Pasar Pagi Kelurahan Sungai Pangeran Kecamatan Ilir Timur 1. Penelitian ini menggunakan sofware SPSS 16.0 Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil pengelolaan data, koefisien regresi bertanda positif sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jualan ibu-ibu semakin banyak keuntungan, maka akan berpengaruh positif terhadap pendapatan perempuan dalam menunjang ekonomi keluarga miskin. Hasil uji t untuk variabel PKL perempuan (x) dengan t hitung sebesar 2,574, kemudian koefisien (α) 0,016 (<0,05). Dengan demikian menunjukkan bahwa PKL perempuan variabel (X) berpengaruh terhadap pendapatan perempuan (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PKL, perempuan dan Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:50
Last Modified: 27 Apr 2016 02:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item