UJI VALIDITAS LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA (BERBASIS RISET: UJI ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora))

Apriana, Rizky Dwi (2023) UJI VALIDITAS LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA (BERBASIS RISET: UJI ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora)). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (629kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
8_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) merupakan bahan ajar yang menyampaikan informasi melalui pembuatan proyek dalam pemecahan masalah dikehidupan sehari-hari dan menekankan belajar yang inovatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan eksperimen, dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, and Disseminate) yang dilakukan hanya sampai tahap development. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) materi Bioteknologi kelas XII SMA yang valid dan praktis, melalui uji antioksidan ekstrak daun kopi robusta (Coffea canepora). Antioksidan diperlukan untuk mencegah stress oksidatif, yang berperan penting dalam etiologi terjadinya berbagai penyakit degeneratif. Tubuh manusia dapat menetralisir radikal bebas bila jumlahnya tidak berlebihan, dengan mekanisme pertahanan antioksidan endogen. Bila antioksidan endogen tidak mencukupi, tubuh mebutuhkan antioksidan eksogen. Uji antioksidan dilakukan menggunakan metode DPPH (2,2-diphenyl-1picrihydrazyl) diukur dengan Spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 517 nm dengan pembanding vitamin C. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA SMA Bina Jaya Palembang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis skala Likert dan analisis persamaan regresi linear. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi bioteknologi yang valid dilihat dari hasil penilaian ahli materi dengan rata-rata sebesar 91,58%, ahli bahasa dengan rata-rata sebesar 96,7% dan ahli media dengan rata-rata sebesar 98,10%. Hasil antioksidan ekstrak daun kopi robusta (Coffea canephora) menunjukkan nilai IC50 rata-rata 4,608 µg/mL dengan kategori sangat kuat dan pembanding vitamin C nilai IC50 rata-rata 2,449 µg/mL dengan kategori sangat kuat. Kata Kunci: Bioteknologi, DPPH, IC50, Ekstrak daun kopi robusta (Coffea canephora), LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: RIZKY DWI APRIANA 2020207047
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:10
Last Modified: 30 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34723

Actions (login required)

View Item View Item