KONSTRUKSI REALITAS MEDIA ONLINE DETIK.COM (Studi Analisis Teks Pada Pemberitaan Meledaknya Sumur Minyak Ilegal Di Musi Banyuasin)

PRATAMA, KURNIA DEVI (2023) KONSTRUKSI REALITAS MEDIA ONLINE DETIK.COM (Studi Analisis Teks Pada Pemberitaan Meledaknya Sumur Minyak Ilegal Di Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
KURNIA DEVI PRATAMA 2020701040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis framing pemberitaan meledaknya sumur minyak ilegal di Musi Banyuasin periode Juni-Agustus 2023 pada media online detik.com. Hal ini dilatar belakangi oleh maraknya aktivitas pengeboran minyak ilegal di wilayah Sumatera Selatan khususnya Kecamatan Musi Banyuasin, dan bagaimana media massa membangun realitas pada fenomena tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori utama analisis framing model Robert N. Entman dan teori pendukung berupa Kontruksi Realitas Media Massa untuk menjelaskan bagaimana suatu peristiwa dikonstruksi melalui penyajian pemberitaan. Hasil penelitian yang dilihat melalui empat elemen framing mengungkapkan bahwa define problem (pendefinisian masalah) menyoroti fenomena meledaknya sumur minyak ilegal yang terjadi secara berulang kali dan ditempat yang berbeda, serta memberi penekanan terkait pembongkaran dan penutupan akses pada lokasi pengeboran ilegal oleh pihak berwajib. Diagnose causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah) memberi sorotan kepada pihak berwajib dan pelaku pengeboran ilegal sebagai aktor pada pemberitaan, dan sumber masalah yang dibingkai adalah adanya aktivitas ilegal drilling yang menyebabkan timbulnya musibah dan kecelakaan kerja berupa kebakaran. Make moral judgement (membuat keputusan moral) menekankan peran pihak berwajib terutama pihak kepolisian dalam mengolah dan mengatasi kasus yang terjadi melalui penertiban dan penyidikan. Treatment recommendation (menekankan penyelesaian) pada berita adalah memberi hukuman setimpal kepada pelaku pengeboran minyak ilegal melalui vonis tindak pidana. Isi pemberitaan detik.com dipengaruhi oleh tingkat ideologi, rutinitas media, dan ekstramedia, yang kemudian mengkonstruksi realitas melalui penekanan status ilegal aktivitas tersebut dengan memberi gambaran negatif dan peran antagonis kepada oknum masyarakat yang kukuh dan nekat untuk kembali melakukan bisnis minyak ilegal. Sebaliknya, peran pihak berwajib dalam memberantas dan menangani kasus tersebut digambarkan secara positif sebagai pihak protagonis. Namun media detik.com hanya menyajikan perspektif dari pihak kepolisian saja tanpa memberi kesempatan kepada masyarakat selaku aktor utama yang berkaitan secara langsung dengan kasus ini untuk memberikan klarifikasi Kata Kunci: Konstruksi Realitas, Framing Robert N. Entman, Media Online, Pengeboran Minyak Ilegal, Berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:52
Last Modified: 30 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34733

Actions (login required)

View Item View Item