Urgensi Zuhud Prespektif Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Masyarakat Konsumerisme Desa Sukamulya Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI

Sari, Aprilia Novita (2024) Urgensi Zuhud Prespektif Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Masyarakat Konsumerisme Desa Sukamulya Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI. Urgensi Zuhud Prespektif Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Masyarakat Konsumerisme Desa Sukamulya Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL APRILIA NOVITA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diberijudul “Urgensi Zuhud Prespektif Al-Ghazali dan Relevansinya Dalam Kehidupan Masyarakat Konsumerisme di Desa Sukamulya Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI”. Penelitian ini bertujuan menganalisis isi diantara lain urgensi zuhud menurut prespektif Al-Ghazali, dampak prilaku konsumerisme dalam kehidupan sehari-hari, cara penerapan konsep zuhud imam Al-Ghazali terhadap pola hidup masyarakat konsumerisme di Desa Sukamulya, Kecamatan Lampuing Kabupaten OKI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), jenis datanya adalah data kualitatif dengan karakter induktif, hasil penelitian kualitatif dengan mereduksi data merupakan penyerderhanaan data sesuai dengan permasalahan, menyajikan data secara terstruktur dan terorganisir secara rapi dan menarik kesimpulan dengan data-data yang telah disederhanakan kemudian disusun dan disajikan dengan tepat. Sumber data untuk penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primernya yaitu kepala desa serta tokoh masyarakat di desa dan sumber data sekunder merupakan dari data-data pustaka, seperti dokumen-dokumen resmi. Hasil yang didapat, konsumerisme merupakan sikap yang bias dikatakan hedonism namun sikap konsumerisme ini tidak selamanya dapat memberikan kebahagiaan. Dampak konsumterisme lainnya adalah ketika lahan digunakan untuk menghasilkan makanan dapat memiliki dampak yang sangat besar terhadap lingkungan yang berlanjut. Sikap zuhud sesuai dengan Imam Al-Ghazali harus diterapkan terutama pada masyarakat yang cenderung memiliki sifat konsumerisme karena sikap konsumerisme ini memiliki berbagai dampak buruk salah satunya adalah kerusakan lingnkungan alam serta hilangnya iman terhadap Allah karena merasa serba kekurangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Urgensi Zuhud, Konsumerisme, Al-Ghazali
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: APRILIA NOVITA SARI 1730302042
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:01
Last Modified: 31 Jan 2024 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34761

Actions (login required)

View Item View Item