TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PEMBERANTASAN PELACURAN (STUDI PERDA NOMOR 2 TAHUN 2004 DI KOTA PALEMBANG)

ABDUL FATAH, M. FACHRI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PEMBERANTASAN PELACURAN (STUDI PERDA NOMOR 2 TAHUN 2004 DI KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
A5 M FACHRI ABDUL FATAH_rev 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Tentang Pemberantasan Pelacuran(Studi Perda Nomor 2 Tahun 2004 Di Kota Palembang) Fakultas Syariah Dan Hukum, Jurusan Perbandingan Mazhab, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Penelitian ini Dilatar belakangi oleh fenomena pesatnya perkembangan pelacuran di kota palembang yang membuat maraknya informasi yang tersedia dalam berbagai macam format dan sumber. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini difokuskan kepada Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Tentang Pemberantasan Pelacuran Studi Perda Nomor 2 Tahun 2004 Di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pustaka dengan pendekatan Normatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka yaitu mencari data atau informasi yang berupa benda benda tertulis seperti buku-buku majalah dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif Analisis tersebut menggunakan alur berpikir didukatif yaitu mengemukakan data-data yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang lebih bersifat khusus. Adapun hasil penelitian penulis bahwa efektifitas pemberlakuan Perda No. 2 Tahun 2004 tentang Pemberantasan Pelacuran dapat dinyatakan kurang efektif Karena hanya 6 tempat pelacuran di 3 lokalisasi yang di tutup Dengan frekuensi penjaringannya (razia) yang sering dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja kota palembang dan juga penegakan hukum oleh Pengadilan Negeri Palembang dalam menjatuhkan sanksi masih belum begitu tegas. Hal ini terlihat dengan sudah banyaknya pelanggaran terhadap perda No. 2 tahun 2004 tersebut. Untuk mengetahui kontribusi literasi informasi terhadap proses penulisan karya ilmiah digunakan rumus Pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: iii1) literasi informasi mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 31,06% terhadap proses penulisan karya ilmiah; 2) secara garis besar kondisi literasi informasi mahasiswa tergolong kedalam kategori baik; dan 3) proses penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa termasuk kedalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi informasi mahasiswa berkontribusi sedang terhadap proses penulisan karya ilmiah. Rekomendasi pada penelitian ini adalah literasi informasi mahasiswa harus lebih dikembangkan lagi agar mahasiswa lebih dapat mudah dalam memilih dan mengelola informasi untuk dapat menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik yang tidak saling mendukung? Dimana para pelacur memerlukan kebebasan dari norma-norma sosial yang dapat memperkenankan kegiatannya, sementara itu penduduk memerlukan tempat bermukim dan mendidik anak-anaknya yang bebas dari kegiatan sosial yang melanggar norma-norma yang berlaku umum, sehingga praktek pelacuran bisa terus berlangsung. Kata kunci: Hukum Islam, Hukum Positif, Pelacuran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, HUKUM POSITIF, PELACURAN
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
200 Agama > 297 Islam > 2x4 Fiqih
200 Agama > 297 Islam > 2x2 Hadits dan Ilmu Terkait
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: M. FACHRI ABDUL FATAH 1830102079
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:24
Last Modified: 31 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item View Item