UJI VALIDITAS BOOKLET MATERI EUBACTERIA BERBASIS RISET: UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KAWA DAUN (Coffea canephora) TERHADAP BAKTERI Salmonella typhi

Wijayanti, Lala Puspa (2023) UJI VALIDITAS BOOKLET MATERI EUBACTERIA BERBASIS RISET: UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KAWA DAUN (Coffea canephora) TERHADAP BAKTERI Salmonella typhi. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan terdapat banyak contoh media pembelajaran salah satu contohnya yaitu Booklet. Booklet merupakan suatu media pembelajaran dengan penyajian materi yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan bahan ajar, sehingga memudahkan peserta didik dalam menyimpan dan membawanya. Media pembelajaran Booklet akan diuji kevalidan medianya. Pada penelitian data dilakukan uji aktivitas antibakteri ekstrak kawa daun (Coffea canephora) terhadap bakteri Salmonella typhi. Kawa daun (Coffea canephora) merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal tradisional. Berdasarkan hasil penelitian berupa data tentang uji aktivitas antibakteri yang akan dituangkan kedalam media pembelajaran berupa Booklet disesuaikan dengan pokok bahasan pengujian tanaman ekstrak kawa daun (Coffea canephora) terhadap bakteri Salmonella typhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak kawa daun terhadap Salmonella typhi yang akan dituangkan kedalam media ajar Booklet. Metode penelitian penelitian pengembangan Booklet ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan penelitian eksperimen laboratorium. Validitas Booklet dilakukan oleh 3 validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan difokuskan pada aspek konten, tampilan, bahasa, penggunaan serta penyajian dari Booklet tersebut. Booklet didapatkan hasil rata-rata sebesar 95% dinyatakan sangat valid serta layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan pada uji aktivitas antibakteri ekstrak kawa daun terhadap bakteri Salmonella typhi diperoleh hasil konsentrasi 25% (10,28 mm), konsentrasi 50% (10,88 mm), konsentrasi 75% (12,86 mm), kontrol positif (14,95 mm) dan kontrol negatif (0). Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa kevalidan media Booklet pada penelitian ini dinyatakan sangat valid dan uji aktivitas antibakteri menggunakan ekstrak kawa daun dinyatakan berpengaruh terhadap bakteri Salmonella typhi dapat dilihat pada konsentrasi paling tinggi terdapat pada konsentrasi 75%. Diameter zona hambat dari bakteri Salmonella typhi sebesar 12,86 mm. Karena semakin tinggi konsentrasi, maka semakin besar daya hambat yang akan terbentuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Antibakteri, Booklet, Kawa Daun, Salmonella typhi
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: LALA PUSPA WIJAYANTI 2020207038
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:16
Last Modified: 01 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34799

Actions (login required)

View Item View Item