ANALISIS HAD SARIQAH PADA PENCURIAN BESI REL KERETA API (Studi Kasus Di Polres OKU)

LIANA ANGGRAINI, NESSA (2023) ANALISIS HAD SARIQAH PADA PENCURIAN BESI REL KERETA API (Studi Kasus Di Polres OKU). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
NESSA LIANA ANGGRAINI (1920103054) ANALISIS HAD SARIQAH PADA PENCURIAN BESI REL KERETA API (Studi Kasus Di Polres OKU).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Had Sariqah Pada Pencurian Besi Rel Kereta Api (Studi Kasus Polres OKU), penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta bahwa adanya pencurian besi rel kereta api yang masih aktif dilewati. Kasus pencurian besi rel kereta api yang dilakukan lebih dari dua orang dalam tindak kejahatan serta mereka secara dengan sengaja bekerjasama dalam tindak pidana mencuri. Permasalahan yang diteliti ialah bagaimana Had sariqah dalam hukum Islam menjelaskan pencurian yang dalam hukum positif Indoensia diancam dengan Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dan normatif dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait, terutama kepada pihak Kepolisian Resor Kabupaten Ogan Komering Ulu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui sanksi apa yang akan dijatuhi kepada pelaku dari kejahatan tindak pidana pencurian besi rel kereta api di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan untuk mengetahui analisis Had sariqah pada tindak pidana pencurian besi rel kereta api di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya pencurian besi rel kereta api di Kabupaten Ogan Komering Ulu dikarenakan kebanyakan masyarakat yang tidak adanya rasa tanggungjawab untuk menjaga fasilitas tersebut. Sanksi Had sariqah pada tindak pidana pencurian ini yang mana telah ditindaklanjuti oleh Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu terdapat pada pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian berupa ancaman pidana 5 tahun. Adapun jika ditinjau dalam hukum pidana Islam yang mana terdapat pada hukuman had yaitu sanksi yang telah ditentukan dari segi bentuk dan ukuran karena Allah, yang hukumannya potong tangan tetapi hukuman ini yang identik dengan potong tangan bisa digantikan dengan ganti rugi sesuai dengan harga barang yang ia curi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Had Sariqah, Pencurian, Besi Rel Kereta Api
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: NESSA LIANA ANGGRAINI 1920103054
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:16
Last Modified: 01 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34825

Actions (login required)

View Item View Item