PANDANGAN HUKUM PIDANA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN PEREDARAN OBAT PENYEBAB GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK (Studi Kasus BBPOM Kota Palembang)

RUDIANYSAH, RUDIANSYAH (2023) PANDANGAN HUKUM PIDANA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN PEREDARAN OBAT PENYEBAB GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK (Studi Kasus BBPOM Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
RUDIANSYAH (1910103010) PANDANGAN HUKUM PIDANA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN PEREDARAN OBAT PENYEBAB GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK (Studi Kasus BBPOM Kota Palembang).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Pandangan Hukum Pidana Islam Dalam Penanggulangan Peredaran Obat Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak (Studi Kasus BBPOM Kota Palembang) (Studi Kasus BBPOM Kota Palembang), penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta bahwa adanya peredaran obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak. Permasalahan yang diteliti ialah bagaimana peran bbpom kota palembang dalam menanggulangi peredaran obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak di palembang Penelitian ini menggunakan pendekatanempiris dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait, terutama kepada pihak BBPOM (Balai Badan Pengawas Obat dan Makanan) Kota Palembang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran BBPOM kota palembang dalam menanggulangi peredaran obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak di palembang dan bagaimana sanksi hukum pidana islam terhadap peredaran obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinyaperedaran obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak yang mengandung etilen glikol (EG) maupun dietilen glikol (DEG) yang terdapat dalam obat jenis siroup.Adapun jika ditinjau dalam hukum pidana Islam yang mana terdapat pada hukuman takziryaitu sanksi yang belum ditentukan dari segi bentuk dan ukuran karena itu dikembalikan lagi pada putusan hakim yang hukumannya ganti rugi ataupun denda sesuai dengan apa yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Obat-obatan, Gagal Ginjal, Anak
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: RUDIANSYAH 1910103010
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:47
Last Modified: 02 Feb 2024 01:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34881

Actions (login required)

View Item View Item