PERANAN KOPERASI KUMBANG JAYA DALAM MEMBERDAYAKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM DI DESA SIDO MAKMUR SP II KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN 2013-2014 (Skripsi)

Sumiyati, Sumiyati (2016) PERANAN KOPERASI KUMBANG JAYA DALAM MEMBERDAYAKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM DI DESA SIDO MAKMUR SP II KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN 2013-2014 (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Sumiyati_FebEkoIsl.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Koperasi mempunyai peranan yang sangat penting di Indonesia dalam membantu meningkatkan perekonomian. Begitu juga koperasi Kumbang Jaya yang berada di Desa Sido Makmur juga mempunyai peran dalam membantu para anggota dalam meningkatkan perekonomian. Untuk itu koperasi mengadakan usaha simpan pinjam untuk membantu anggota yang membutuhkan dana secara mendadak dan untuk memberdayakan perekonomian anggota di Desa Sido Makmur. Peneletian ini untuk mengetahui sejauh mana peran Koperasi Kumbang Jaya dalam membantu perekonomian anggota. Selain itu pinjaman uang yang berada di koperasi Kumbang Jaya dilakukan oleh anggota dan masyarakat terdapat penambahan uang dalam pengembalian modal awal pinjaman. Berdasarkan masalah tersebut maka dirumuskan pokok-pokok masalah sebagai berikut: Apakah program simpan pinjam pada koperasi Kumbang Jaya dapat membantu perekonomian masyarakat dan bagaimana mekanisme simpan pinjam pada koperasi Kumbang Jaya ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan, menjabarkan dan menggambarkan yang ada kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pertama, sumber primer yaitu data yang berasal dari subyek aslinya yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung kepada pengurus dan anggota koperasi Kumbang Jaya di Kabupaten Banyuasin Kecamatan Air Kumbang. Kedua, sumber sekunder adalah data yang berasal dari beberapa dokumen yang terkait dengan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Koperasi Kumbang Jaya mempunyai peran yang cukup signifikan dalam membantu perekonomian anggota koperasi. Peran itu dalam memberikan pinjaman yang dirasa sangat membantu para anggota dalam memenuhi kebutuhannya, baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Yang bersifat konsumtif seperti untuk biaya berobat, biaya pendidikan anaknya, biaya memperbaiki rumah, biaya pernikahan dan biaya untuk membayar hutanh kepada orang lain. Sedangkan yang bersifat produktif seperti untuk biaya penambahan modal usaha. Bila dilihat dalam perspektif ekonomi Islam, maka koperasi Kumbang Jaya mempunyai nilai manfaat dalam membantu para anggota untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan untuk menambah modal usaha. Akan tetapi, sistem bunga yang masih diterapkan dalam simpan pinjam sebesar 2% tidak sesuai dengan prinsip fiqih ekonomi Islam yang melarang bunga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desa Sido Makmur, Koperasi, Simpan Pinjam, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:08
Last Modified: 27 Apr 2016 03:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item