PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI SUMBER EKONOMI BARU DI KALANGAN GENERASI Z (Studi Pada Akun @dinna_ashari15)

Erlia, Lisa (2023) PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI SUMBER EKONOMI BARU DI KALANGAN GENERASI Z (Studi Pada Akun @dinna_ashari15). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Lisa Erlia 2020701050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Media sosial saat ini menjadi salah satu situs utama yang paling sering dikunjungi oleh setiap orang karena memiliki banyak jenis platform dengan beragam fungsi dan kegunaan. Seperti untuk tempat berbincang-bincang, bertukar informasi, maupun sebagai tempat mencari hiburan dan mengisi waktu luang. Salah satunya adalah TikTok, tingginya tingkat penggunaannya diberbagai belahan dunia umumnya didasari oleh kebutuhan akan komunikasi persuasif, media berekspresi, berkreasi, menjalin relasi, dan kemudahan menjadi populer atau viral. Pengguna aplikasi tersebut saat ini didominasi oleh kalangan muda, yaitu yang lahir sekitar tahun 1998-2009 atau rentang usia antara 14-25 tahun per tahun 2023. Tujuan dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial tersebut sebagai sumber ekonomi baru di kalangan generasi Z pada akun @dinna_ashari15, apa saja fitur-fitur pada aplikasi tersebut yang berpeluang sebagai sumber penghasilan, dan untuk mengetahui inovasi seperti apa yang dilakukan oleh pemilik akun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode penelitian naratif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori media baru (new media) yang dikembangkan oleh Pierre Levy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik akun berhasil memanfaatkan media sosial tersebut sebagai sumber ekonomi baru dengan fokusnya menjadi beauty influencer. Konten pemilik akun memberikan informasi seputar perawatan kecantikan, rekomendasi aneka produk kecantikan, dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemilik akun juga berhasil memanfaatkan sumber daya yang ada pada aplikasi itu dengan adanya fitur affiliate (ikut mempromosikan produk jualan dengan link keranjang kuning) dan fyp atau viral. Faktor keberhasilan pemanfaatan akun tersebut antara lain: kreativitas yang tinggi dalam berkarya, mengikuti tren-tren terbaru, selalu konsisten terhadap intensitas unggahan konten dan menciptakan ciri khas atau personal branding. Kata Kunci: TikTok, Media Baru, Sumber Ekonomi Baru, Generasi Z

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:56
Last Modified: 05 Feb 2024 04:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34917

Actions (login required)

View Item View Item