PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REFRAMING DALAM MENEMUKAN MAKNA HIDUP BAGI PECANDU NARKOBA DI PUSAT REHABILITASI NARKOTIKA DHARMA WAHYU INSANI PALEMBANG.

ADELYA, DELLA (2023) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REFRAMING DALAM MENEMUKAN MAKNA HIDUP BAGI PECANDU NARKOBA DI PUSAT REHABILITASI NARKOTIKA DHARMA WAHYU INSANI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
FULL BAB DELLA MUNAQOSYAH b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
FULL BAB DELLA MUNAQOSYAH b5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL BAB DELLA MUNAQOSYAH b5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL BAB DELLA MUNAQOSYAH b5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Reframing Dalam Menemukan Makna Hidup Pacandu Narkoba Di Pusat Rehabilitasi Narkotika Dharma Wahyu Insani Palembang”. Penelitian ini sangat berguna bagi pecandu narkoba karena pecandu narkoba masih belum mendapatkan atau menemukan makna hidup. Oleh karena itu pecandu narkoba memerlukan konseling individu dengan menggunakan teknik reframing untuk membantu mereka menemukan makna hidup dan menjalani hidup yang bermakna. Pada observasi awal peneliti dua klien wanita memiliki emosional yang tinggi, tidak memahami diri sendiri, hidup yang hampa, dan mudah putus asa, dalam penerapan konseling degan teknik reframing peneliti membantu klien dalam mengubah pandangan terhadap masalah dan masa lalunya, dimana peneliti mendebat pemikiran irasionalnya dan membantu klien untuk menemukan persepsi alternatif dan berfokus pada persepsi akternatifnya, sehingga klien mampu menemukan kebermaknaan hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dua klien wanita di Pusat Rehabilitasi Narkotika Dharma Wahyu Insani Palembang sebagai subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Miles dan Huberman menyatakan bahwa tiga jenis kegiatan yang digunakan dalam analisis data penelitian adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, kesimpulan/Verifikasi. Enam tahapan Rasional, persepsi, menguraikan peran, identifikasi persepsi alternatif, modivikasi persepsi, dan pekerjaan rumah atau tindak lanjut, digunakan dalam penelitian ini untuk menerapkan teknik reframing pada konseling individu. Dari hasil penelitian ini klien mampu menemukan kebermaknaan hidupnya, mampu mengelola emosi, memahami diri sendiri serta memiliki motivasi yang tinggi untuk terus hidup lebih baik dan maju. Kata kunci : Konseling Individu, Teknik Reframing, Makna Hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Teknik Reframing, Makna Hidup
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: DELLA ADELYA 1910502009
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:56
Last Modified: 05 Feb 2024 04:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34928

Actions (login required)

View Item View Item