PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN MINAT MAHASISWA DALAM PRODUKSI FILM PENDEK (PADA KOMUNITAS GROW PRODUCTION)

Putra, Raihan Taneta (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN MINAT MAHASISWA DALAM PRODUKSI FILM PENDEK (PADA KOMUNITAS GROW PRODUCTION). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI Rehan FINAL.doc

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Rehan FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Youtube memiliki pengaruh yang cukup besar bagi para pelaku industry kreatif perfilman terlepas dari para pemula atau senior yang ingin menjadikan Youtube sebagai target pemasaran ataupun hanya sebagai wadah penggerak minat terutama dalam filmografi. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Peningkatan Minat Mahasiswa Dalam Produksi Film Pendek (Studi Kasus Grow Production)”. Adapun rumusan permasalahan penelitian 1) Bagaimana minat mahasiswa pada komunitas Grow Production terhadap media sosial youtube?, 2) Bagaimana pengaruh media sosial Youtube terhadap peningkatan minat mahasiswa komunitas Grow Production dalam produksi film pendek?. Pengambilan sampel sebanyak 60 anggota Grow Production. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengujian validitas, realibilitas, normalitas, homogenitas, linier sederhana dan hipotesis berdasarkan uji SPSS program windows versi 23. Hasil penelitian 1) Dari seluruh indikator variabel Y menunjukan dua responden dengan persentase 3,3% menyatakan ragu-ragu (3), 14 responden dengan persentase 23,3% menyatakan setuju (4) dan 44 responden dengan persentase 73,3% menyatakan sangat setuju (5). Maka dapat dijelaskan bahwa, jawaban responden menyatakan sangat setuju mahsiswa berminat menggunakan konten dalam memproduksi film pendek. Adapun hasil persentase yang menyatakan nilai rata-rata berdasarkan jawaban mahasiswa sebesar 86,2%. 2) Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 23 diperoleh nilai thitung 41,556 > 2,0017 (lihat ttabel) maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh media sosial Youtube terhadap minat mahasiswa produksi film pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: Raihan Taneta Putra
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:56
Last Modified: 05 Feb 2024 04:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34929

Actions (login required)

View Item View Item