UJI VALIDITAS ELECTONIC BOOK ( E-BOOK ) INDUKSI KALUS JINTAN HITAM (Nigella sativa L.) MELALUI KULTUR JARINGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN UNTUK PESERTA DIDIK MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI PADA FASE E

MAULANA, AKMAL (2023) UJI VALIDITAS ELECTONIC BOOK ( E-BOOK ) INDUKSI KALUS JINTAN HITAM (Nigella sativa L.) MELALUI KULTUR JARINGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN UNTUK PESERTA DIDIK MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI PADA FASE E. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (41kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penggunaan teknologi di dalam dunia pendidikan sangat diperlukan dalam peningkatan kualitas, produktivitas dan peningkatan mutu serta efisiensi biaya pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah Electronic book. Untuk menghindari miskonsepsi langkah pada materi kultur jaringan, diperlukan media yang mampu dipahami, diakses, dan digunakan secara mudah oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh 2,4-D dan kinetin terhadap pertumbuhan eksplan tanaman jintan hitam (Nigella sativa L.) dan untuk mengetahui tingkat validitas penuntun praktikum induksi kalus tanaman kalus (Nigella sativa L.) sebagai media pembelajaran materi inovasi teknologi biologi pada fase E. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dan untuk penelitian eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan lima kali pengulangan 0 ppm, 2,0 ppm 2,4-D + 2,0 ppm kinetin, 2,0 ppm 2,4-D + 2,5 ppm kinetin, 2,4-D + 3 ppm kinetin, 2,0 ppm 2,4-D + 3,5 ppm kinetin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh 2,4-D dan kinetin terhadap induki kalus biji jintan hitam (Nigella sativa L.) memiliki pengaruh yang signifikan berdasarkan nilai uji hipotesis Asymp. Sig. 0,00 < 0,05. pada Media e-book kultur jaringan dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Media e book ini dilakukan validasi berdasarkan ahli diatas sehingga meemperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 86% yang termasuk kedalam kategori sangat valid. Sehingga media e-book kultur jaringan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran praktikum di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-book, Jintan Hitam (Nigella sativa L.), Kinetin, Validitas, 2,4-D
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
500 Sains dan Matematika > 580 Botani, Ilmu Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: AKMAL MAULANA 2020207064
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:57
Last Modified: 05 Feb 2024 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34945

Actions (login required)

View Item View Item