KARAKTERISTIK SISTEM PEMBELAJARAN INTENSIF BACA TULIS AL-QUR’AN DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG (Studi Pada Program Intensif Baca Tulis Al-Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan)

Alihan, Satra (2019) KARAKTERISTIK SISTEM PEMBELAJARAN INTENSIF BACA TULIS AL-QUR’AN DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG (Studi Pada Program Intensif Baca Tulis Al-Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan). Masters thesis, PROGRAM MAGISTER FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN Universitas Islam Neheri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.docx

Download (68kB)
[img] Text
Alihan Tesis.pdf

Download (827kB)
[img] Text
Alihan Tesis_compressed.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penulisan tesis ini berjudul ” Karakteristik Sistem Pembelajaran Intensif Baca Tulis Al-Qur‟an Di UIN Raden Fatah Palembang (Studi Pada Program Intensif Baca Tulis Al-Qur‟an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan)” bertujuan mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan Karakteristik Sistem Pembelajaran Intensif Baca Tulis Al-Qur‟an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan menemukan konsep Karakteristik Sistem Pembelajaran Intensif Baca Tulis Al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dalam kerangka etnografi. Informan penelitian yaitu ketua pembelajaran Intensif baca tulis Al-qur‟an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Wakil Ketua, Dosen, Mahasiswa. Pengumpulan data dengan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnis analisis data dilakukan dengan memadukan model Creswell data (date reduction), display data (date display) deskripsi, dan trianggulasi, member chacking dan perpanjangan pengamatan. Munculnya intensif baca tulis Al-qur‟an (BTA). Pertama, karena dampak transformasi menjadi UIN muncul siswa alumni-alumni lulusan dari sekolah umum yang mendaftar pada prodi umum dimana kemampuan BTA mereka kurang. Kedua, kebijakan pimpinan mahasiswa FITK UIN Raden Fatah Palembang wajib memiliki kompetensi BTA dengan baik dan benar.. Sejak tahun 2011 intensif baca tulis Al-qur‟an dilaksanakan setiap hari jum‟at dan sabtu. Tingkatan dalam pembelajaran baca tulis Al-qur‟an. 1.Kelompok/Level Iqro‟. Kelompok iqro‟ beragam ada yang belum sama sekali mengenal tanda baca dan huruf Al-qur‟an, ada yang sudah bisa tanda baca dan huruf namun belum bisa menyambung huruf dan seterusnya. 2.Kelompok/Level Tahsin. Kelompok tahsin sudah bisa membaca Al-qur‟an namun belum lancar benar masih banyak yang harus diperbaiki seperti, Makhrojatul Huruf, Waqof, Ibtida dan Washol. 3.Kelompok/Level Tahfidz. Kelompok Tahfidz sudah lancar dan benar namun diwajibkan untuk mengapal juz 30. Karakteristik standar kompetensi pembelajaran intensif BTA di FITK diseusuaikan pada level atau kemampuan mahasiswa. Karakteristik materi pembelajaran intensif BTA di FITK disesuaikan dengan level atau tingkatan berdasarkan hasil pre test/placementest yang diikuti oleh seluruh mahasiswa. Karakteristik metode pembelajaran intensif BTA di FITK menggunakan metode Bahgdadiyah dan Iqro. Karakteristik evaluasi pembelajaran intensif BTA di FITK, evaluasi dilihat dari aspek fashahah, aspek tajwid dan aspek kelancaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 04 Feb 2024 13:53
Last Modified: 04 Feb 2024 13:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item